Sukses

Nelayan Umur 70 Tahun di Halmahera Sudah Hilang 7 Hari

Nelayan berumur 70 tahun di Halmahera ini pergi melaut sejak 14 April 2020. Warga hanya menemukan perahu yang mengapung.

Liputan6.com, Halmahera Selatan - Tim SAR Gabungan masih terus mencari seorang nelayan yang dikabarkan hilang tenggelam di Pantai Bobo, Kabupaten Halmahera Selatan.

Sejak Sabtu hingga Selasa sore, 21 April 2020, pukul 17.30 WIT, pencarian terhadap korban bernama Yunus Mukaranus, berumur 70 tahun itu belum membuahkan hasil.

Warga Desa Bobo, yang dilaporkan melaut sejak 14 April 2020, sekitar pukul 01.00 waktu dinihari setempat belum ditemukan. Warga hanya menemukan perahu mengapung tanpa Yunus.

Kepala Basarnas Ternate, Maluku Utara, Muhammad Arafah mengemukakan, pencarian orang hilang ini dilakukan dengan pemantauan di sepanjang permukaan air laut. Kemudian, dilanjutkan penyelaman di koordinat yang telah ditentukan tim SAR wilayah setempat.

“Sampai sekarang hasilnya masih nihil. Pencarian pun sudah sesuai renops dengan melakukan penyisiran perluasan area di laut tapi korban belum ditemukan,” kata Arafah, kepada Liputan6.com, melalui via telepon, di Ternate, Selasa (21/4/2020) malam.

Arafah menyatakan, upaya pencarian dan pertolongan nelayan lanjut usia itu juga melibatkan warga desa setempat. Warga yang bergabung dalam SRU 2 itu menggunakan tiga unit longboat.

Peralatan yang digunakan dalam pencarian korban, meliputi RIB 01 Bacan, longboat masyarakat tiga unit, peralatan selam tiga set, satu tabung cadangan, kompresor, kantong mayat dan peralatan medis.

Unsur yang terlibat dalam operasi SAR tersebut dari personel Basarnas 6 orang, Pos Polairud Bacan 1 orang, BPBD Halmahera Selatan 2 orang, dan masyarakat Desa Bobo 10 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.