Sukses

Perahu Mengapung, 1 Orang Belum Ditemukan di Laut Halmahera

Korban hilang diketahui melaut sejak 12 April dinihari sekitar pukul 01.00 WIT.

Liputan6.com, Halmahera Selatan - Korban tenggelam bernama Yunus Mukaranus. Warga Desa Bobo, berumur 70 tahun itu dilaporkan hilang di perairan setempat, sejak 14 April 2020.

Yunus diketahui pergi melaut sekitar pukul 01.00 WIT. Saat pagi hari, warga hanya melihat perahu yang mengapung di pinggiran pantai desa itu tanpa Yunus.

“Sehingga warga mengambil kesimpulan bahwa korban tenggelam ini di sekitar pantai itu (Desa Bobo). Sampai saat ini warga masih melakukan pencarian. Menyelam menggunakan peralatan seadanya. Kejadian ini kemudian baru dilaporkan ke Basarnas Unit SAR Bacan Sabtu 18 April 2020,” kata Muhammad Arafah, Kepala Basarnas Ternate, pada Sabtu pagi, pukul 09.09 WIT.

Arafah menyatakan, sejak Rabu dinihari itu hingga sekarang, Yunus belum juga kembali ke rumahnya, di Desa Bobo, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

“Mendengar informasi itu kami langsung menerjunkan Unit Siaga SAR Bacan melakukan operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban hilang tersebut,” kata Arafah.

Personel yang terlibat dalam operasi SAR gabungan ini meliputi Basarnas, Pospolairud Bacan, BPBD dan masyarakat Desa Bobo, Halmahera Selatan, dengan menggunakan RIB 01 Bacan, Palsar Selam 3 set, 1 tabung cadangan, HP satelit inmarsat, kantong mayat, dan alat medis.

“Direncanakan tim SAR gabungan tersebut baru akan tiba di LKP (lokasi kejadian perkara) pada Sabtu siang, sekitar pukul 13.05 WIT,” lanjut Arafah.

“Perkembangan selanjutnya baru akan menyusul,” tutup dia.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.