Sukses

Rindangnya Taman Pemakaman Pasien Corona Covid-19 di Palembang

Taman Pemakaman Umum (TPU) Gandus Hills Palembang menjadi lokasi pemakaman jenasah pasien Corona Covid-19.

Liputan6.com, Palembang - Menyeramkan dan gelap, mungkin seperti itu bayangan akan lokasi pemakaman. Namun hal berbeda dengan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gandus Hills Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Lokasi pemakaman ini, menjadi tempat pengistirahatan terakhir pasien positif Corona Covid-19 yang meninggal dunia. Ada banyak pohon-pohon rindang berdaun hijau dan bunga yang bermekaran di lokasi pemakaman ini, membuat suasana menyeramkan pun tak terasa.

Rindangnya kawasan ini dipilih Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, untuk menjadi lokasi pemakaman jenasah pasien Corona Covid-19 sejak tanggal 6 April 2020 lalu.

Lokasi TPU Gandus Hills Palembang ini, berlokasi di Jalan Sungai Lacak, Kelurahan Pulo Kerto, Kecamatan Gandus Palembang. TPU Gandus Hill tampak seperti taman yang berada di pinggir kota.

Petugas pemakaman TPU Gandus Hills Palembang Herman mengatakan, TPU ini bukan seperti lokasi pemakaman umum lainnya.

“Ini merupakan taman pemakaman umum, karena memang konsepnya taman. Untuk mengurangi kesan ngeri saat berkunjung ke kuburan,” ucapnya, Jumat (17/4/2020).

Kawasan TPU Gandus Hills Palembang ini, dulunya merupakan lahan kebun karet. Saat pertama kali menggeluti profesi sebagai penggali kubur di tahun 2007, masih banyak pohon karet di kawasan tersebut.

Karena diperuntukkan untuk lahan pemakaman, pohon-pohon karet tersebut akhirnya ditebang. Lalu, lahan kebun karet ini dialihfungsikan sebagai kawasan pemakaman warga sekitar.

“Jadi kita tebang pohon-pohon karet itu dan kawasan ini digunakan untuk pemakaman umum. TPU Gandus Hills Palembang ini, berjarak 200 meter dari pemukiman warga terdekat,” katanya.

TPU Gandus Hills Palembang ini mempunyai luasan sekitar 5,7 hektare, namun hanya 2 meter yang akan digunakan untuk lahan pemakaman pasien Corona Covid-19. Lahan seluas 10x25 meter sudah digunakan, untuk liang lahat pasien Corona Covid-19 dengan nomor 37.

Pasien pria yang berusia 77 tahun tersebut, meninggal dunia di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, pada Kamis (16/4/2020) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosedur Pemakaman Covid-19

Proses pemakaman pasien positif Corona Covid-19 ini, dilakukan pada Kamis malam. Pemakaman dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19, oleh petugas medis menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Dari informasi yang diperoleh, keluarga pasien menyetujui proses pemakaman jenasah pasien positif Covid-19 dilakukan oleh pihak RSMH Palembang, terutama dimakamkan di TPU Gandus Hills Palembang.

"Tidak ada yang boleh mendekat atau masuk ke jalan akses menuju pemakaman saat pasien Covid-19 dimakamkan Kamis malam. Karena dijaga ketat oleh petugas kepolisian dan anggota TNI,” ucapnya.

Jika ada pasien Corona Covid-19 yang meninggal dunia, mereka akan kembali membuka lahan, dengan cara menebang pohon. Namun dia berharap tidak ada lagi korban Corona Covid-19, yang meninggal dunia di Kota Palembang Sumsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini