Sukses

2 Klaster Paling Berbahaya dalam Penyebaran Covid-19 di Batam

Tim Gugus Tugas Penagganan Covid -19 Kota Batam kembali mengumumkan 3 pasien positif baru, sehingga jumlahnya kini mencapai 15 orang.

Liputan6.com, Batam - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam kembali mengumumkan 3 pasien positif baru, sehingga jumlahnya kini mencapai 15 orang.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan, tambahan 3 pasien baru itu berdasarkan informasi hasil pemeriksaan sampel swab yang diperoleh dari BTKL PP Batam. Ketiganya antara lain, satu pria dan dua wanita.

Rudi juga menjelaskan, pasien pria merupakan warga Kota Batam, berusia 42 Tahun dan berprofesi sebagai ASN. Yang bersangkutan punya riwayat perjalanan ke Jakarta pada 4 hingga 6 Maret 2020 bersama rekan sekantornya, dan yang bersangkutan juga merupakan rekan satu kantor dengan kasus positif 07 dan 08.

Pada Kamis, 9 Maret 2020 yang bersangkutan bersama rekan sekerjanya yang lain melakukan pemeriksaan kesehatan di salah satu Puskesmas, dan dinyatakan reaktif. Tim medis puskesmas kemudian meminta yang bersangkutan untuk isolasi mandiri di rumah.

Kemudian pada Jumat, 10 Maret 2020, yang bersangkutan melakukan pemeriksaan sampel swab. Informasi hasil pemeriksaan baru diterima pada Senin malam, 13 April 2020, dengan hasil positif virus corona.

Pasein tersebut mengeluh tenggorokannya terasa sedikit gatal dan mengalami batuk ringan, namun keadaan umum fisiknya terlihat sehat dan stabil. Saat ini yang bersangkutan telah dirawat isolasi di Rumah Sakit rujukan RSBP Batam.

Pasien positif berikutnya merupakan warga Kota Batam seorang perempuan, berusia 39 Tahun. Berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah swasta di kawasan Sukajadi Batam Centre.

Pada 16 Maret 2020 lalu, yang bersangkutan pernah kontak langsung dengan kasus terkonfirmasi positif 04 Batam, yang juga seorang guru.

Sesuai hasil tracing yang diperoleh melalui kasus no 04 ini, pada Rabu, 8 April 2020, tim medis salah satu Puskesmas sempat memeriksa yang bersangkutan.

pada Jumat 10 April 2020, Tim BTKLPP melakukan pengambilan sampel swab, yang hasil pemeriksaannya baru diterima pada Senin Malam, 12 April 2020, dengan hasil positif virus corona. Yang bersangkutan telah menjalani isolasi rawat inap di ruang isolasi/PIE RSBP Batam.

Pasien baru positif Covid-19 di Batam selanjutnya merupakan perempuan 33 tahun. Berprofesi sebagai ASN, dan satu klaster dengan pasien 07,08,13. Pasein ini juga sudah dirwat isolasi di RSBP Batam.

Ketiga pasien positif baru di Batam tersebut makin menunjukkan adanya transmisi lokal, dengan kasus terbanyak pada klaster ASN. Hal tersebut juga diakui Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Sumarjadi.

"Ada dua klaster klaster dari ASN Batam di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Guru Sekolah Caritas," katanya. Orang-orang yang berkaitan dengan dua klaster ini juga telah dilakukan pemeriksaan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Klaster ASN Pemberdayaan Perempuan ini cukup banyak yang sudah dites, sekitar 60 sampai 70 orang, ada potensi menambah pasien positif," katanya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.