Sukses

Naik Turun Angka ODP di Tanah Papua

Angka ODP dan PDP akan naik, jika ada korelasi dengan peningkatan positif COVID-19.

Liputan6.com, Jayapura - Satgas COVID-19 Papua menyebutkan terjadi naik turun angka orang dalam pemantauan (ODP) di tanah Papua. Salah satunya dikarenakan temuan kasus baru positif COVID-19 di Papua.

Juru bicara Satgas COVID-19 Papua, dokter Silwanus Sumule menuturkan data sampai Selasa (14/4/2020), terdapat 3.229 ODP. Padahal sehari sebelumnya angka ini mencapai 3.216 ODP.

“Hari ini terjadi penambahan sebanyak 13 orang, sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) juga bertambah 83 kasus menjadi 88 kasus,” katanya.

Sumule menyebutkan ODP dan PDP akan naik, jika ada korelasi dengan peningkatan positif COVID-19, atau bisa juga karena faktor masyarakat sudah mulai sadar dan melapor, sehinga di temukannya PDP dan ODP baru.

"Angka ODP pada awal April sempat tembus 7.500 lebih, jumlah ini sempat turun drastis hingga 3.000-an ODP dan jumlahnya terus naik dan turun di angkat 3000-an," ujarnya.

Sementara itu terkait hasil rapid test pasien PDP dan ODP yang positif di sejumlah kabupaten di Papua, dalam satu atau dua hari akan dilakukan penjemputan sampel di beberapa kabupaten.

“Ada sejumlah pesawat yang kami sewa akan melakukan penjemputan sampel pasien di Nabire dan beberapa kabupaten di wilayah selatan Papua. Sampel itu akan dibawa ke Jayapura dan diuji dengan PCR,“ kata Sumule.

Saat ini jumlah pasien positif Covid-19 bertambah 1 kasus di Kota Jayapura, sehingga jumlahnya positif COVID-19 menjadi 68 kasus, dengan rincian 46 orang dalam perawatan dan 15 orang dinyatakan sembuh, serta 7 orang dinyatakan meninggal dunia.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.