Sukses

COVID-19 Meluas ke Wilayah Adat Lapago

Kasus positif COVID-19 terjadi di Kabupaten Jayawijaya dan Mamberamo Tengah.

Liputan6.com, Jayapura - Kekhawatiran Satgas COVID-19 Papua terjadi dengan kasus baru di wilayah adat Lapago atau daerah pegunungan tengan Papua. Padahal sebelumnya daerah ini dijaga dengan berbagai cara agar tak ada penularan COVID-19. Ini mengingat minimnya fasilitas kesehatan di daerah itu.

Namun, kekhawatiran itu tejadi hari ini, tiga kasus positif COVID-19 ditemukan sekaligus. Dua kasus diantaranya berada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya dan satu kasus lainnya di Kabupaten Mamberamo Tengah. 

Juru bicara COVID-19 Papua, dokter Silwanus Sumule menyebutkan ketiga pasien telah diisolasi RSUD Jayawijaya di Wamena, dengan kondisi sakit ringan dan sakit sedang.

“Satu kasus di Wamena dialami oleh seorang dokter. Ini menjadi perhatian bersama dan kami mohon dukungan semua pihak, terlebih rumah sakit di Kabupaten Jayawijaya benar-benar membutuhkan tenaga dokter yang bisa melayani masyarakat,” jelasnya, Senin (13/4/2020).

Sumule berharap kasus baru COVID-19 di Lapago menjadi perhatian seluruh masyarakat. Pemerintah harus ada langkah strategis untuk mencegah penyebaran kasus ini di kabupaten sekitarnya.

“Langkah taktis di kabupaten sekitar Jayawijaya dan Mamberamo Tengah harus dilakukan untuk menghambat perjalanan daripada penyakit ini. Kami sangat memberikan dukungan terhadap Satgas Gugus Tugas Covid-19 di kedua wilayah ini,” jelas Sumule.

Hingga Senin malam (13/4/2020), data terkini penyebaran corona bertambah pada 2 kabupaten, dari sebelumnya hanya 6 kabupaten di Papua. Sehingga penyebaran COVID-19 di Papua terjadi di 8 kabupaten yakni Kabupaten Jayapura, Mimika, Merauke, Keerom, Sarmi, Jayawijaya, Mamberamo Tengah dan Kota Jayapura.

Dengan catatan 67 positif COVID-19 dan sebanyak 46 Pasien Dalam Perawatan (PDP) dirawat serta Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 3.216.

"Kami tetap bersyukur dengan adanya 15 kasus sembuh dari COVID-19 di Papua. Namun angka kematian ini juga mencapai 11,1 persen dengan total kematian pasien hingga hari ini sebanyak 7 orang," katanya. 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.