Sukses

Jalani Perawatan 15 Hari, Pasien 63 Tahun Positif Corona COVID-19 Sembuh

Sejauh ini pasien positif virus Corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 9 orang. Pasien ke-19 yang sembuh sempat dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Murni Teguh, Kota Medan.

Liputan6.com, Medan Sejauh ini pasien positif virus Corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 9 orang. Pasien ke-9 yang sembuh sempat dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Murni Teguh, Kota Medan.

Humas RSU Murni Teguh, Winda Lingga membenarkan hal tersebut. Pasien dinyatakan sembuh dari virus Corona COVID-19 pada Minggu, 12 April 2020. Saat ini pasien telah diperbolehkan pulang ke rumahnya.

"Ada satu pasien COVID-19 kita yang sudah dinyatakan sembuh. Pasien sudah diperbolehkan pulang," katanya, Senin (13/4/2020).

Pasien positif virus Corona COVID-19 yang dinyatakan sembuh tersebut berinisial SS berjenis kelamin laki-laki berusia 63 tahun. SS menjalani perawatan secara isolasi selama 15 hari di RSU Murni Teguh.

Berdasarkan hasil pemeriksaan lanjutan, pasien tersebut akhirnya dinyatakan sembuh dari virus Corona COVID-19. Sebelumnya hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) dinyatakan positif.

Winda menerangkan, pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah hasil klinis swab PCR yang dilakukan sebanyak 2 kali negatif selama 48 jam. Selain itu, keadaan pasien secara umum juga membaik, dan foto thorax terakhir juga sudah bagus.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Istri Pasien

Dokter yang merawat pasien tersebut spesialis penyakit dalam dan paru. Selain pasien berinisial SS, istrinya berinisial H, yang merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona COVID-19 juga sudah dipulangkan.

"Karena hasil swab PCR-nya juga negatif," terangnya.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, sekaligus Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah, juga membenarkan adanya seorang lagi pasien virus Corona COVID-19 yang telah dinyatakan sehat.

"Saat ini jumlah pasien sembuh di Sumut bertambah satu dari yang sebelumnya 8. Total pasien sembuh dari COVID-19 di Sumut menjadi 9," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.