Sukses

Kasus Positif Corona COVID-19 di Sumut 11 April 2020 Berjumlah 90

Kasus virus Corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat ini berjumlah 90.

Liputan6.com, Medan - Kasus virus Corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat ini berjumlah 90. Jumlah ini bertambah 1 kasus dari hari sebelumnya, yaitu 89 kasus. Hal ini dilaporkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Mayor Kes dr Whiko Irwan mengatakan, dari 90 kasus, 65 kasus positif terinfeksi virus Corona COVID-19 berdasarkan hasil Polymerase Chain Reaction (PCR). Sedangkan hasil Rapid Test 25.

"Data per hari ini untuk kasus positif bertambah 1. Jika sebelumnya 89, saat ini 90," kata Whiko, dalam konferensi pers live streaming melalui kanal YouTube, Sabtu (11/4/2020).

Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sumut juga mencatat kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami penurunan. Jika sebelumnya jumlah ODP di Sumut sebanyak 2.731, saat ini 2.626 orang.

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang saat ini di rawat di rumah sakit ada sebanyak 149 orang. Jumlah pasien tersebut dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada di Sumut.

"Untuk pasien yang sembuh sejauh ini 8 orang. Pasien meninggal dunia 8 orang," ucapnya.

Terkait masih terus bertambahnya kasus positif virus Corona COVID-19 di Sumut, kepada masyarakat diingatkan selalu mematuhi peraturan pemerintah. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona COVID-19.

"Mari kita tetap menjaga jarak, hindari tempat berkumpul yang padat, cuci tangan dengan menggunakan sabun, hindari menyentuh wajah. Patuhi etika saa bersin dan batuk," sebutnya.

<p><strong>**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan <a href="https://www.liputan6.com/donasi/177995/sembuhdaricorona" target="_blank" rel="nofollow">klik tautan ini</a>.</strong></p>

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Nasional

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat penambahan 330 kasus positif secara nasional, sehingga total menjadi 3.842.

Kemudian kasus meninggal dunia terkait virus Corona COVID-19 bertambah sebanyak 21 orang, sehingga total mencapai 327 dan kasus sembuh hanya bertambah 4 orang dan total kini mencapai 286 orang.

"Hari ini telah bertambah lagi 330 kasus baru dari konfirmasi PCR positif sehingga total 3.842 kasus, sementara yang sembuh bertambah empat pasien dan angka kematian bertambah 21 kasus," ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto, di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta.

Data tersebut adalah gambaran yang nyata bahwa penyebaran virus Corona COVID-19 masih terus terjadi, artinya masih ada kasus positif yang berada di tengah masyarakat. Masih ada kelompok masyarakat yang rentan yang belum disiplin untuk jaga jarak dan menggunakan masker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.