Sukses

Pasien Positif Covid-19 Pertama Cirebon Meninggal Dunia

Diketahui pasien positif Covid-19 tersebut berjenis kelamin perempuan

Liputan6.com, Cirebon - Tim Gugus Tugas Covid-19 resmi mengumumkan seorang warga Kota Cirebon yang merupakan pasien Covid-19 pertama meninggal dunia saat dirawat di RS Hasan Sadikin, Bandung.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengaku sudah mendapat informasi tersebut. Diketahui pasien positif Covid-19 berjenis kelamin perempuan.

 

"Jenis kelamin perempuan tapi usia belum tahu saya baru dapat informasinya lagi," kata Azis, Sabtu (11/4/2020).

Dia mengatakan, saat itu pasien Covid-19 ini dirawat di RSHS Bandung. Namun, karena usia sudah tua, pasien akhirnya meninggal.

Saat dirawat, pasien sempat dites swab oleh Pemprov Bandung. Namun, hasil tes swab keluar setelah pasien meninggal.

"Jenazah langsung dikremasi jadi tidak dikuburkan," ujar Azis.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelacakan Kontak Pasien Positif Covid-19

Azis menyampaikan, pasien merupakan orang yang suka bepergian ke luar kota. Oleh karena itu dimungkinkan pasien terpapar bukan dari Cirebon.

Azis mengaku akan menindaklanjuti informasi tersebut dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di Cirebon. Azis akan menggelar pertemuan untuk melakukan tracing orang yang pernah berinteraksi langsung dengan pasien tersebut.

"Malam ini kami gelar rapat dan bagaimana kelanjutan dan langkah terbaru apa yang akan kami lakukan akan disampaikan setelah rapat," ujar dia.

Azis menyebutkan warga tersebut sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta. Bahkan, sempat kontak langsung dengan saudaranya yang juga memiliki riwayat dari Bali.

Azis meminta warga Kota Cirebon untuk selalu menjaga kesehatan, mematuhi imbauan pemerintah untuk bekerja dan belajar dirumah, menggunakan masker jika terpaksa harus keluar.

"Kemungkinan besar pasien yang meninggal itu terpapar Covid-19 di luar Kota Cirebon," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.