Sukses

Kabar Baik Corona, Ribuan Masker dan APD Tiba di Papua

Sebanyak 3,4 ton APD dibawa oleh Pesawat Boeing 7306 milik TNI AU.

Liputan6.com, Jayapura - Kabar baik corona datang dari Papua. Pesawat Boeing 7306 milik TNI AU mendarat di Lanud Silas Papare Jayapura di Sentani, Kabupaten Jayapura dengan membawa 3,4 ton alat pelindung diri (APD), untuk penanganan pandemi Covid-19 di Bumi Cenderawasih.

Sebanyak 3,4 ton APD terdiri dari 10 ribu APD dan 5.000 masker. Dalam penerbangannya, pesawat TNI AU ini juga membawa 1,2 ton APD untuk Provinsi Papua Barat yang nantinya akan diturunkan di Bandara Rendani Manokwari.

Komandan Pangkalan TNI AU Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Budi Santoso menyebutkan bantuan APD untuk Papua dan Papua Barat merupakan bantuan dari Junior Dokter Indonesia.

Sebelumnya, Papua juga mendapatkan 2,3 ton APD  dan peralatan kesehatan lainnya pada 30 Maret lalu.

Kesulitan APD memang dirasakan dalam penanganan COVID-19 di Papua. Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano bahkan memesan 1.260 rapid test dan 693 APD lewat jalur partai politik.

“Saya sudah pesan. Saya berusaha lewat partai, sebab sulit sekali mendapatkan APD. Sebelumnya dari provinsi, kami hanya diberikan 100 rapid tes, padahal Kota Jayapura paling banyak orang dalam pemantauan (ODP) yang harus diperiksa,” katanya.

Benhur mengaku terpaksa memesan APD lewat jalur partai, untuk meyelamatkan masyarakat di Kota Jayapura.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Simak video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.