Sukses

Kabar Terbaru Corona Covid-19 di Sumbar: Pasien Positif Meningkat Jadi 26 Orang

Jumlah pasien yang terkonfirmasi terjangkit virus corona Covid-19 di Sumatera Barat terus meningkat, data terbaru mencatat sebanyak 26 orang positif.

Liputan6.com, Padang - Jumlah pasien yang terkonfirmasi terjangkit virus corona Covid-19 di Sumatera Barat terus meningkat, data terbaru mencatat ada 26 orang yang positif.

"Iya ada tambahan pasien positif sebanyak 5 orang, hasilnya baru keluar tadi," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan corona Sumbar, Jasman Rizal kepada Liputan6.com, Rabu (8/4/2020).

Satu hari sebelumnya, 7 April 2020 jumlah pasien positif diketahui sebanyak 21 orang, 5 orang tambahan pasien ini merupakan hasil uji sampel Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Jasman menyebut 5 orang pasien yang baru dinyatakan positif ini, 3 di antaranya berasal dari Kota Padang.

"Mereka isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan tim medis," katanya.

Kemudian 2 lainnya berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan. Pasien tersebut diisolasi di Rumah Sakit M Zein Painan.

Dari 26 orang positif itu, 13 orang di rawat di rumah sakit, 8 orang isolasi mandiri di rumah, 4 orang dinyatakan sembuh dan 1 pasien meniggal pada 28 Maret 2020.

Ke-4 orang yang sudah sembuh dari virus corona Covid-19, sebelumnya dirawat di RS Ahmad Muchtar Bukittinggi dan RSUP M Djamil Padang.

Meski sudah dikatakan negatif, jelas Jasman pasien tetap harus memperbanyak istirahat di rumah.

Sementara di Sumbar saat ini, jumlah total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 4.066 orang, 1.570 di antaranya masih dalam pemantauan dan sisanya sudah selesai dipantau.

Selanjutnya jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 95 orang, 72 di antaranya dinyatakan negatif, dan 15 orang menunggu hasil, serta 8 orang isolasi di rumah.

"Semoga wabah ini segera berlalu dan masyarakat diminta mengikuti anjuran pemerintah agar rantai penyebaran virus corona Covid-19 terputus," kata Jasman menambahkan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.