Sukses

Aksi Alumni Undip Saat Pandemi Covid-19

Mengingat masih mewabahnya Covid-19, jajaran IKA UNDIP tetap terus melakukan upaya penggalangan dana.

Liputan6.com, Semarang - - Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) bersama Djarum Foundation menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada 2 rumah sakit yakni, RS dr. Kariadi dan RS Pendidikan Undip di Semarang, Jawa Tengah, Senin (6/4/2020).

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Desmon Hastiono Sekretaris Jenderal DPP IKA Undip mewakili Ketua Umum DPP IKA UNDIP bersama Purnomo Nugroho dan Arvi perwakilan dari Djarum Foundation. Bantuan diterima langsung oleh dr Agus Suryanto SpPD., Direktur Utama RS Kariadi diampingi oleh Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian dr. Dodik Tugasworo Pramukarso, SpSK., yang juga Ketua DPD IKA UNDIP Jawa Tengah. Sementara untuk RS Pendidikan Undip diterima oleh Dr. dr. Dwi Pujonarko, SpSK., Dekan Fakultas Kedokteran Undip.

"Pemerintah tidak mungkin sendiri dalam menangani virus corona ini. Perlu partisipasi aktif dari elemen-elemen masyarakat untuk ikut serta membantu, baik dari BUMN, swasta, organisasi masyarakat, yayasan, tokoh masyarakat, maupun masyarakat secara langsung pada umumnya. Untuk itulah, IKA Undip terpanggil melakukan aksi sosial ini bersama Djarum Foundation," kata Desmon.

Tidak itu saja, lanjut Desmon, IKA Undip terus melakukan penggalangan dana, baik yang dilakukan oleh alumni Fakultas, Jurusan, Komunitas yang ada pada jajaran IKA Undip. Hasil pengumpulan dana ini akan disumbangkan kepada jajaran IKA Undip di berbagai daerah yang sangat memerlukan APD untuk selanjutnya disalurkan ke rumah sakit di wilayahnya.

"Selain itu, secara aktif IKA Undip juga melakukan penggalangan dana bersama organisasi alumni Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Himpuni). Alhamdulillah, pada Kamis, (3/4) yang lalu, Himpuni telah melakukan aksi sosial di Jakarta, dengan mendatangi dan menyumbang alat-alat medis, yaitu masker dan hand sanitizer," ungkap Desmon.

Mengingat masih mewabahnya Covid-19, jajaran IKA UNDIP tetap terus melakukan upaya penggalangan dana. "Pada saat yang sama, kita akan menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, suatu kondisi socioreligius yang selama ini selalu disiapkan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat," lanjut Desmon.

IKA Undip juga mengapresiasi keikutsertaan Djarum Foundation dalam aksi sosial ini. "Kami mengajak seluruh elemen masyarakat agar terbeban dan terlibat dalam aksi-aksi sosial, khususnya membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Demikian juga untuk kalangan medis yang membutuhkan banyak bantuan.

Pada kesempatan itu diserahkan 75 APD kepada RS dr. Kariadi dan RS Pendidikan Undip. "Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi petugas, dokter, dan paramedis dalam menangani dan melayani masyarakat, dengan suasana yang sehat dan menyehatkan," imbuhnya.

Sementara itu Purnomo Nugroho Public Affair Djarum Foundation berharap dengan bantuan ini, para tenaga medis lebih terlindungi dan meningkatkan rasa aman dalam melayani para pasien wabah Covid-19. "Kita sama-sama berdoa dan berharap akan situasi ini tidak berkepanjangan," kata Purnomo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.