Sultan HB X Imbau Warga Yogyakarta Menerima Tenaga Medis Kembali ke Rumah

Oleh Yanuar H pada 07 Apr 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 07 Apr 2020, 20:00 WIB
Sultan HB X Minta Jangan Tolak Tenaga Medis
Perbesar
Gubernur DIY Sultan HB X meminta masyrakat tidak menolak para tenaga medis. Mereka sudah pulang sudah dalam keadaan bersih (Humas Pemda DIY/ Yanuar H)

Liputan6.com, Yogyakarta - Gubernur DIY Sultan HB X mendapat keluhan dari tenaga medis baik dokter atau perawat yang ditolak sebagian warga karena diduga menjadi media penularan Corona Covid-19. Menurutnya, hal ini tidak perlu terjadi karena tenaga medis memiliki protokol yang ketat sehingga risiko membawa penyakit dari rumah sakit itu sangat kecil.

"Dianggap membawa virus. Pendapat saya, masyarakat tidak usah berprasangka itu. Tenaga medis, setelah melayani sebelum pulang sudah mandi," katanya di Kompleks Kepatihan Yogyakarta Senin (6/4/2020). 

Menurut Sultan HB X, tenaga medis yang bertugas itu tentu memiliki komitmen tidak ikut menularkan penyakit, sehingga setiap selesai bertugas sudah membersihkan diri atau menghindarkan diri dari sumber penularan penyakit di rumah sakit.

"Mereka kembali ke rumah sudah bersih. Mereka punya keluarga juga di rumah yang tidak mungkin ingin membahayakan keluarganya," kata Sultan.

 

Ia meminta kepada masyarakat agar tidak berprasangka buruk kepada tenaga medis. Apalagi, mereka sudah berjuang demi pencegahan penyebaran corona covid-19 ini.

"Percayalah masyarakat, tenaga medis ini kalau pulang sudah dalam keadaan bersih," katanya.

Para tenaga medis yang datang ke Sultan HB X ini sedang mencari tempat tinggal untuk dokter dan perawat karena tidak bisa pulang ke rumah atau ke indekos sebab dianggap sebagai media pembawa Corona Covid-19 ke tengah masyarakat.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓