Kabar Baik dari Sumut, Satu Pasien Positif Corona COVID-19 Sembuh

Oleh Reza Efendi pada 04 Apr 2020, 20:59 WIB
Diperbarui 04 Apr 2020, 20:59 WIB
RSUP Haji Adam Malik, Jalan Bunga Lau, Kota Medan
Perbesar
Pasien tersebut berjenis kelamin perempuan dan berprofesi sebagai dokter.

Liputan6.com, Medan Di tengah meningkatnya jumlah kasus positif virus Corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), kabar baik datang dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik. Satu orang pasien yang sempat positif virus Corona COVID-19 dinyatakan sembuh.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, pasien tersebut berjenis kelamin perempuan dan berprofesi sebagai dokter.

"Iya (dokter), sudah pulang tadi sore," kata Rosario kepada Liputan6.com melalui WhatsApp, Sabtu (4/4/2020).

Dijelaskannya, pasien tersebut dirawat di RSUP Haji Adam Malik, Jalan Bunga Lau, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, sejak 24 Maret 2020. Pasien dinyatakan sembuh setelah dua hasil swab pasca dirawat hasilnya negatif.

"Jadi sudah sembuh," ujarnya.

Diungkapkan Rosario, pasien sembuh tersebut merupakan yang pertama di Sumut. Pasien tersebut diketahui merupakan warga Medan. Rosario juga menegaskan, sejauh ini baru satu pasien positif virus Corona COVID-19 di Sumut yang sembuh.

"Per hari ini, baru satu (sembuh). Gak tau besok, semoga sih sembuh semua," ungkapnya.

 

2 dari 3 halaman

Kasus COVID-19 di Sumut

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Aris Yudhariansyah
Perbesar
Untuk kasus positif virus Corona COVID-19 di Sumut ada penambahan sebanyak 10.

Kasus positif terinfeksi virus Corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali mengalami peningkatan. Jika pada Jumat, 3 April 2020, berjumlah 36, kali ini mengalami peningkatan menjadi 46.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Aris Yudhariansyah mengatakan, untuk kasus positif virus Corona COVID-19 di Sumut ada penambahan sebanyak 10.

"Positif COVID-19 di Sumut saat ini 46, atau naik 21,7 persen," kata Aris, dalam konferensi pers live streaming melalui kanal YouTube, Sabtu (4/4/2020).

Dijelaskannya, dari 46 kasus positif virus Corona COVID-19 di Sumut tersebut, 5 meninggal dunia. Dari 5 yang meninggal dunia, 4 dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab dan 1 hasil rapid test.

"Saat ini juga sudah satu pasien positif COVID-19 sudah dinyatakan sembuh," jelasnya.

Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona COVID-19 di Sumut yang dirawat di sejumlah rumah sakit juga mengalami peningkatan. Jika sebelumnya jumlah PDP berjumlah 95, saat ini menjadi 117 orang.

"PDP mengalami peningkatan sekitar 18,8 persen dari data yang disampaikan sebelumnya," Aris menerangkan.

Berdasarkan media sosial Instagram Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu @humassumut, jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang melapor saat ini sebanyak 3.794. Sedangkan sebelumnya 2.969.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓