Pasien Isolasi RSUD Anutapura Palu Meninggal Dunia Berstatus Positif Covid-19

Oleh Heri Susanto pada 03 Apr 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 03 Apr 2020, 20:00 WIB
Pintu masuk ke ruang isolasi RSUD Anutapura Palu
Perbesar
Pintu ruang isolasi pasien PDP Covid-19 di RSUD Anutapura Palu yang tertutup untuk umum demi keamanan. (Foto: Liputan6.com/ Heri Susanto).

Liputan6.com, Palu - Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia di Rumah Sakit Anutapura Palu pada Senin (30/3/2020) dipastikan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab yang telah diterima Dinas Kesehatan Kota Palu pada Jumat pagi (3/4/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Husaema kepada Liputan6.com mengatakan, kepastian pasien yang sempat diisolasi di RSUD Anutapura Palu sebelum meninggal dunia itu positif berdasarkan dua kali pemeriksaan. Sampel swab pasien sebelumnya telah dikirim sebelum si pasien meninggal dunia pada 30 Maret lalu.

“Banar hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19. Kami baru terima hasil itu tadi pagi (3/4/2020) dari Makassar,” kata dr Husaema melalui telepon, Jumat (3/4/2020).

Selanjutnya, pihak Dinas Kesehatan Palu tengah melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien tersebut. Terhadap orang-orang melakukan kontak akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan diminta mengisolasi diri di rumah selama 14 hari. Pemeriksaan akan dimulai dari pihak keluarga pasien.

"Minimal mereka yang pernah kontak dengan pasien meninggal dunia itu dilakukan pemeriksaan dengan rapid tes. Kami juga meminta bantuan aparat kelurahan tempat pasien tinggal dan kepolisian untuk mengimbau orang-orang yang pernah kontak," Husaema menambahkan.

Demi memudahkan kerja tim kesehatan, Husaema mengimbau dengan sukarela datang ke fasilitas kesehatan yang ada untuk memeriksakan diri.

Pasien yang meninggal dunia tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta sebelum pulang ke Palu dan jatuh sakit. Setelah diisolasi di RSUD Anutapura, pasien tersebut meninggal dunia pada Senin (30/3/2020) setelah kondisinya terus menurun.

Dengan bertambahnya kasus positif Corona Covid-19 tersebut, hingga Jumat (3/4/2020) telah ada 4 kasus pasien yang terkonfirmasi positif, termasuk pasien yang telah meninggal dunia tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓