Sukses

RS Martha Friska di Medan Beroperasi untuk Pasien Corona COVID-19

Rumah Sakit (RS) Martha Friska yang berada di Jalan Multatuli Medan resmi beroperasi untuk menampung pasien terkait virus Corona COVID-19. Dengan 110 ruang isolasi yang dimiliki, diharapkan dapat mempercepat penanganan COVID-19

Liputan6.com, Medan Rumah Sakit (RS) Martha Friska yang berada di Jalan Multatuli Medan resmi beroperasi untuk menampung pasien terkait virus Corona COVID-19. Dengan 110 ruang isolasi yang dimiliki, diharapkan dapat mempercepat penanganan COVID-19.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memantau langsung kesiapan rumah sakit dan mengikuti simulasi penanganan pasien. Orang nomor satu di Sumut itu memulai peninjauan dari seluruh aspek seperti keamanan, kebersihan, sterilisasi lokasi, dan lainnya.

"Kita berharap semua berjalan dengan benar, sehingga masyarakat yang membutuhkan ditangani. Selama ini kita kekurangan APD dan tenaga profesional untuk menangani pasien COVID-19. Hari ini sudah kita lengkapi semua," kata Edy, Kamis (2/4/2020).

Ruangan yang tersedia di RS Martha Friska Multatuli sebanyak 110 kamar. Berikutnya akan dibuka 120 kamar di RS Martha Friska Brayan dengan harapan dapat mempercepat penanganan pasien cirus Corona Covid-19.

"Kalau masih tidak cukup, akan kita buka terus di rumah sakit lain," tegasnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelengkapan APD

Dijelaskan Edy, untuk RS Martha Friska Multatuli dan Brayan mengenai APD sudah lengkap. Sedangkan untuk pasokan APD yang berikutnya sudah dibeli dan sedang dalam perjalanan untuk didatangkan ke Sumut.

"Negara-negara yang lain sedang lockdown, jadi memang susah melakukan impor barang-barang APD," ucapnya.

Edy juga memberi motivasi kepada seluruh tenaga medis, administrasi dan petugas keamanan yang bertugas. Menurutnya, tenaga medis adalah garda terdepan, dan sangat dibutuhkan masyarakat di tengah pandemi virus Corona COVID-19.

"Semangat dan laksanakan SOP penanganan pasien COVID-19 agar kalian jangan sampai ikut terpapar," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.