Sukses

Bingkisan Penyemangat Tenaga Medis Covid-19 RSD Gunung Jati Cirebon

Kurangnya APD untuk tenaga medis yang menangani covid-19 tak menyurutkan mereka untuk terus menyembuhkan pasien. Hal ini memicu banyaknya dukungan hingga bantuan yang terus berdatangan.

Liputan6.com, Cirebon - Semangat dan dukungan kepada tim medis melawan pandemi virus covid-19 terus bergulir. Salah satunya dilakukan oleh aplikator transportasi online Grab di Cirebon.

Di tengah upaya tim medis berjuang melawan covid-19 dengan keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD). Grab Cirebon bersama mitra dan seluruh lapisan masyarakat turut membantu menyuplai makanan kepada tim medis di RSD Gunung Jati Cirebon.

Bekerjasama dengan instansi dan mitra merchant, mereka memberikan ratusan makanan gratis kepada tim medis di RSD Gunung Jati Cirebon.

"Rumah Sakit Gunung Jati ini kan salah satu rujukan corona. Kami bersama merchant grab food agar tim medis tetap semangat berjuang," kata City Operations Lead Cirebon, Gilang Oktaviansyah, Kamis (2/4/2020).

Aksi tersebut, jelas Gilang merupakan bagian dari dukungan moral aplikator dalam situasi pandemi ini. Dia mengakui, peran tenaga medis sangat penting ditengah suasana genting pandemi covid-19.

Bantuan makanan diberikan agar meringankan beban petugas dalam memberikan suplemen maupun nutrisi kepada tenaga medis covid-19 di RSD Gunung Jati Cirebon.

"Kami sudah koordinasi terlebih dahulu seperti apa makanan yang akan disuplai dari kriteria kesehatan kandungan gizi dan lain-lain agar petugas tetap sehat dan tidak drop saat mengobati pasien. Risiko mereka juga tinggi jadi kami tidak mau asal berikan makanan kalau tidak ada kandungan gizi dan nutrisi yang baik," ujar Gilang.

Gilang mengaku tidak menutup kemungkinan aksi serupa akan digelar untuk tim medis di rumah sakit lain wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakunin).

Selain bantuan makanan, Grab Cirebon menyemprot cairan disinfektan kepada mitra baik roda dua maupun roda empat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Moral

"Kami beri masker sampai vitamin kepada mitra kami," ujar dia.

Gilang mengaku sangat mengapresiasi kinerja para mitra yang masih beroperasi ditengah pandemik Covid-19. Bekerjasama dengan TNI Polri dan PMI, Gilang mengucapkan terimakasih kepada para mitra.

"Bersyukur mitra kami dengan gigih masih beroperasi melayani kebutuhan masyarakat. Di tengah situasi yang sulit dan tidak pasti ini," ujar dia.

Sementara itu, Humas RSD Gunung Jati Cirebon Arif Wibawa Rukmana mengaku sangat terbuka terhadap aksi sosial dan solidaritas masyarakat terhadap tim medis yang berjuang melawan corona.

"Kami sangat terbantu dan secara psikologis semakin termotivasi untuk terus berjuang melawan corona. Dukungan moril maupun materil sangat berarti," kata dia.

Dia mengaku, ditengah pandemi covid-19 para tenaga medis butuh dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Sebab, selain harus berjuang melawan musuh yang tak kasat mata, para tenaga medis juga harus membentengi diri dengan APD yang ada.

Menurut Arif, kondisi saat ini tentu merupakan situasi yang tidak mudah bagi para tenaga medis, sehingga butuh dukungan masyarakat dalam bentuk moril maupun materil sangat berarti bagi mereka untuk dapat tetap menjalankan tugas.

"Semoga dengan ini dapat meningkatkan semangat para tenaga medis kami yang bertugas," pungkas Arif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.