Sukses

Kabar Baik dari Bali, 6 Pasien Corona COVID-19 Dinyatakan Sembuh

Total sudah 10 orang dinyatakan sembuh dari Corona COVID-19

 

Liputan6.com, Denpasar Perkembangan wabah Virus Corona (COVID-19) di Provinsi Bali menunjukkan data peningkatan terhadap mereka yang dinyatakan positif terjangkit virus tersebut. Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra menjelaskan, hari ini, Rabu (1/4/2020) ada 157 orang yang dinyatakan Pasien Dalam Pemantauan (PDP).

“Artinya, ada penambahan kasus PDP sebanyak 2 oang dari jumlah kumulatif kemarin. Dari 157 orang itu telah diambil sampel dan yang telah keluar sebanyak 136 orang dengan rincian 111 orang negatif dan 25 dinyatakan positif. Berarti hari ini ada penambahan kasus positif Corona COVID-19 sebanyak 6 orang,” kata Dewa Made Indra dalam keterangan resminya.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan ada sebanyak 10 orang pasien yang dinyatakan sembuh dan telah diperkenankan untuk kembali ke rumahnya. “Kabar baiknya harus saya informasikan, bahwa hari ini dilaporkan ada 6 orang yang positif Corona COVID-19 sembuh dan dipersilakan pulang. Dengan demikian, maka sampai hari ini jumlah kumulatif yang sembuh sebanyak 10 orang terdiri dari 2 WNA dan 8 WNI,” papar dia.

Menurutnya, mereka yang masuk kategori PDP dan akhirnya dinyatakan sembuh menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan diri kepada kita semua bahwa Virus Corona bisa disembuhkan.

“Caranya disiplin menjaga kesehatan dan disiplin menjalankan karantina. Itu adalah kuncinya,” tuturnya. Dipaparkannya, sesungguhnya hari ini dari 6 orang yang dinyatakan positif, 2 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

“Dapat saya ambil garis besar hari ini ada penambahan kasus positif 6 orang dan saat yang sama sembuh 6 orang. Dari 6 yang sembuh hari ini 2 orang berasal dari 6 orang yang dinyatakan positif yang saya laporkan tadi. Jadi sesungguhnya, yang positif hari ini 6 orang tapi sudah sembuh 2 orang tinggal 4 orang,” papar dia.

“Kenapa diumumkan bersamaan antara positif dan sembuhnya? Karena dia dirawat di rumah sakit, meski dia dinyatakan positif tapi fisiknya sehat. Setelah beberapa hari dirawat keluar hasil laboratorium yang menyatakan dia positif Corona COVID-19. Tapi karena fisiknya sehat diuji lab lagi dua kali berturut-turut hasilnya negatif. Maka, dia dinyatakan sembuh,” tambah Dewa Made Indra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.