Saat Prajurit TNI AL Cegah Covid-19 di Kawasan Pesisir Cirebon

Oleh Panji Prayitno pada 01 Apr 2020, 01:00 WIB
Diperbarui 01 Apr 2020, 01:00 WIB
Saat Prajurit TNI AL Cegah Corona di Kawasan Pesisir Cirebon
Perbesar
Kampanye pola hidup sehat dan bersih dilakukan prajurit TNI AL di kawasan pesisir Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Upaya meningkatkan kesadaran masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan bersih terus dilakukan sejumlah instansi seiring dengan masifnya penyebaran corona covid-19 di Indonesia, termasuk Cirebon.

Tidak hanya pemerintah daerah, prajurit TNI AL di Cirebon tak pernah berhenti mengampanyekan pola hidup sehat. Mereka mengampanyekan pola hidup sehat di kalangan warga dan nelayan kawasan pesisir Cirebon.

"Saat ini kami mengawal warga pesisir di Gebang Cirebon kami bangun instalasi tempat cuci tangan atau wastafel dan pasang banner," ujar Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, Senin (30/3/2020).

Menurut dia, covid-19 merupakan peristiwa pandemi dunia. Untuk melawan virus yang tak kasat mata tersebut, harus dari dalam diri kita sendiri.

Dia mengatakan, pembuatan dan pemasangan wastafel portabel tersebut dikerjakan oleh Prajurit Pos TNI AL Gebang Kabupaten Cirebon.

"Jangan lihat bentuk dan kondisinya setidaknya ini bermanfaat untuk warga sekitar yang notabene adalah nelayan. Pulang melaut sempatkan diri cuci tangan," ujar dia.

Selain membangun wastafel portabel, prajurit TNI AL Cirebon juga menyemprot cairan disinfektan di seluruh pos. Dia meminta prajurit TNI AL untuk tetap menjaga daya tahan tubuh ditengah pandemi covid-19.

Agung menyebutkan, seluruh prajurit TNI AL Cirebon diberi kesempatan untuk memeriksa kesehatan. Mereka juga diberi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Semua prajurit baik yang bertugas di Pos TNI AL maupun di jajaran Pangkalan TNI AL Cirebon," ujar dia.

2 dari 3 halaman

ODP dan PDP

Saat Prajurit TNI AL Cegah Covid-19 di Kawasan Pesisir Cirebon
Perbesar
Kampanye pola hidup sehat dan bersih dilakukan prajurit TNI AL di kawasan pesisir Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Dari data yang didapat, jumlah pasien positif covid-19 Kabupaten Cirebon bertambah satu orang. Hingga saat ini total pasien positif di Kabupaten Cirebon sebanyak dua orang.

Dari informasi yang didapat, pasien berjenis kelamin perempuan itu berusia 33 tahun. Tim gugus tugas covid-19 Kabupaten Cirebon terus melakukan pengawasan.

"Iya positif nambah lagi jadi total dua orang semoga kondisinya membaik," kata juru bicara Gugus Tugas penanganan wabah virus corona Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan, Selasa (31/3/2020).

Diketahui, saat ini pasien tengah dirawat di ruang isolasi RSUD Waled Kabupaten Cirebon. Tidak dijelaskan bagaimana kronologis pasien bisa dinyatakan positif covid-19.

Data yang didapat, jumlah ODP dan PDP per Selasa, 31 Maret 2020 sebanyak 170 orang. Untuk PDP secara keseluruhan ada 26 orang, yang masih dalam perawatan sebanyak 19 orang, sembuh dan sudah dinyatakan pulang sebanyak tujuh orang.

"Untuk yang ODP total 114 orang 38 selesai dan 76 orang masih dalam pemantauan," sebut Iwan.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓