Sukses

Kabar Baik, 2 Pasien Positif Corona Covid-19 di Bali Sembuh

Beberapa di antaranya positif corona Covid-19 karena transmisi lokal.

Liputan6.com, Denpasar Perkembangan pandemi Virus Corona (COVID-19) di Bali cukup mengkhawatirkan, tetapi ada kabar gembira di tengah keresahan itu. Pasalnya, ada pasien yang berhasil sembuh.

Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra menjelaskan, hingga hari ini jumlah pasien yang positif terjangkit Corona COVID-19 sebanyak 19 orang.

"Pada hari ini, Senin (30/3/2020) jumlah akumulatif Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 146 orang. Artinya, dibandingkan kemarin ada penambahan (PDP) sebanyak 5 orang. Dari jumlah itu sudah keluar uji laboratorium sebanyak 109 orang. Dari 109 orang ini, 90 orang dinyatakan negatif dan 19 orang dinyatakan positif (Corona COVID-19)," kata Dewa Made Indra saat memberi keterangan resmi melalui live streaming di akun Youtube Pemprov Bali, Senin (30/3/2020).

Data itu menunjukkan jika terjadi penambahan pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 9 orang pada hari ini. Sebab, kemarin ia mengumumkan jika pasien positif Corona COVID-19 sebanyak 10 orang.

"Artinya, yang diumumkan hari ini ada tambahan kasus positif sebanyak 9 orang. Dari jumlah itu (9 orang positif) terdiri dari 1 orang WNA dan sisanya (8 pasien) WNI," kata Dewa Made Indra.

Dia mengatakan, 8 orang WNI yang positif terjangkit Corona COVID-19 itu adalah orang asli Bali.

"Delapan WNI ini orang Bali asli dan orang yang tinggal di Bali. Dari 8 orang ini, 3 orang positif karena transmisi lokal. Dengan kata lain dia pernah berinteraksi jarak dekat dengan kasus positif sebelumya. Sedangkan, 5 orang lainnya datang dari luar negeri," tutur Dewa Made Indra.

Kendati begitu, Dewa Made Indra menyampaikan kabar yang cukup baik, yakni sebanyak dua orang pasien yang dinyatakan sembuh dari virus yang kali pertama ditemukan di Wuhan, China tersebut. "Kemudian yang sembuh ada dua orang. Mereka yang sudah sembuh itu sudah dalam persiapan untuk pulang," katanya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.