Sukses

Wali Kota Bahas Kemungkinan Karantina Lokal di Bandung

Pemerintah Kota Bandung terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah lain untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Bandung Pemerintah Kota Bandung terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah lain untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Dia juga sedang berkoordinasi kemungkinan diberlakukannya karantina lokal.

"Untuk antar wilayah, Kota Bandung sudah berdiskusi dengan Cimahi, Sumedang, dan Kabupaten Bandung Barat. Kami berdiskusi dengan kepala daerah yang lain. Kita sedang melihat situasi perkembangan seperti apa," kata Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Senin (30/3/2020). 

Menurut Oded, pembahasan dengan tiga kepala daerah tersebut perlu dilakukan karena wilayah Kota Bandung berbatasan sangat dekat dengan wailayah lainya.

Selain itu, dia mengatakan, Pemkot Bandung sudah berdiskusi dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) tentang wilayah karantina terbatas.

"Kita akan kaji dulu dari mulai sebaran wilayah yang terpapar, dan untuk waktunya belum ditentukan," kata Oded. 

Sebelum ada keputusan tentang karantina wilayah, Oded meminta warganya untuk tetap melaksanakan social distancing dan physical distancing.

Termasuk meminta warga untuk tidak keluar kota dan mudik. Melalui tokoh masyarakat, RT dan RW melalui para Camat, warga diimbau mengkarantina diri dan berdiam diri di rumah guna meminimalisir paparan virus Corona.

"Yang ingin mudik ke Kota Bandung, bersabar di tempatnya masing-masing. Begitu pula yang dari Kota Bandung yang ingin mudik keluar Bandung. Lebih baik mengkarantina dan mengisolasi diri di tempat masing masing," tuturnya.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.