Sukses

Kronologi Balita 17 Bulan di Halmahera Utara Masuk Daftar Pasien Corona Covid-19

Balita ini punya riwayat kontak fisik dengan pamannya yang baru pulang dari Manado, Sulawesi Utara.

Liputan6.com, Halmahera Utara - Seorang Balita asal Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, masuk daftar PDP virus Corona Covid-19. Balita 17 bulan ini sekarang dirawat di Ruang Isolasi RSU setempat. 

Kordinator Publikasi dan Kehumasan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Halmahera Utara, Deky Tawaris mengemukakan, balita PDP ini punya riwayat kontak fisik dengan pamannya. Itu baru diketahui setelah ada gelaja mirip pandemi Corona Covid-19, pada Minggu 29 Maret 2020.

“Pamannya ini punya riwayat bepergian ke Manado,” kata Deky, Minggu malam WIT.

‎Ia menyatakan, hingga Minggu sore, di kabupaten setempat sudah 4 pasien dalam pengawasan atau PDP. Semuanya saat ini sedang dirawat di ruangan isolasi rumah sakit.

“Dari 4 pasien ini tiga diantaranya dirawat di Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum (RSU) Tobelo. Sedangkan satu lagi dirawat di Ruang Isolasi RSUD Chasan Boesoirie Ternate,” ujar Deky.

“Pasien pertama laki-laki 70 tahun dengan riwayat bepergian ke Manado. Kedua laki-laki 75 tahun dengan riwayat bepergian ke Manado. Ketiga perempuan 48 tahun memiliki riwayat bepergian ke Ternate, dan terakhir balita 1,5 tahun yang memiliki riwayat kontak fisik dengan pamannya yang juga dengan riwayat bepergian ke Manado,” Deky menjelaskan.

Selain PDP, di Halmahera Utara juga terdapat 38 ODP atau orang dalam pengawasan Corona Covid-19. Jumlah ini terbanyak dari seluruh ODP yang terdapat di 10 kabupaten kota wilayah Maluku Utara dengan total mencapai 188 orang.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.