Sukses

Hasil Tracing Bupati Karawang: Jumlah ODP Corona Covid-19 Bertambah Jadi 513

Peningkatan jumlah Orang Dalam Pantauan di Karawang dipengaruhi hasil tracing aktivitas Bupati Karawang yang dinyatakan positif corona Covid-19.

Liputan6.com, Karawang - Data terbaru dirilis Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona Covid-19 di Kabupaten Karawang hingga Kamis (26/3/2020) pukul 20.00 WIB, sebanyak 513 orang, naik signifikan dari 4 hari lalu yang hanya 178 orang.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah menjadi 7 orang, dari sebelumnya 4 orang, satu pasien dinyatakan negatif corona Covid-19. Sedangkan pasien positif virus corona di Karawang hingga saat ini masih terdata 5 orang, semuanya berada di ruang isolasi khusus Rumah Sakit Paru Jatisari, Karawang.

Kepala Gugus Tugas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri mengatakan, peningkatan jumlah ODP di Karawang dipengaruhi hasil tracing aktivitas Bupati Karawang yang dinyatakan positif corona Covid-19. Di antaranya acara Musda Hipmi di Hotel Swisbell pada 9 Maret 2020 lalu, saat itu aktivitas bupati Karawang padat dan banyak bertemu orang.

"Pasca Musda Hipmi, Bupati Karawang aktif hadir di setiap kegiatan sehingga ini salah satu faktor penambahan OPD ," kata Acep Jamhuri, Jumat (27/3/2020).

Acep menambahkan, pihaknya masih terus melakukan tracing lokasi lain kegiatan bupati Karawang usai Musda Himpi, dan terus melakukan sosialisasi dan pencegagan dengan mengimbau masyarakat untuk jaga jarak, rajin cuci tangan, dan melakukan penyemprotan disenfektan secara massal.

"Kita masih mengimbau kepada warga atau siapavpun yang dekat dengan bupati ada kegiatan untuk melakukan pemeriksaan mandiri di fasilitas kesehatan," katanya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.