Sukses

Mengintip Ramuan Penambah Stamina Aparat Polisi di Tengah Pandemi Covid-19

Bagaimana kiat personel Polri menjaga imunitas dan kebugaran fisiknya, di tengah pandemi corona covid-19 dengan tetap waspada menjaga keamanan negara?

Liputan6.com, Serang - Melalui sebuah foto dam flyer, Kapolri mengajak seluruh masyarakat untuk berdiam diri di rumah untuk memutus mata rantai penyebaran corona covid-19. Flyer itu bertuliskan "Kami Bekerja untuk Kamu. Kamu di Rumah untuk Semua. Untuk Indonesia", dibarengi dengan hastag "Polri Untuk Indonesia. Polri Cegah Corona".

Kemudian, Mendagri Tito Karnavian, juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia menjaga kebersihan dan meningkatkan imunitas tubuh, agar tidak mudah tertular corona covid-19, yang kini di Indonesia jumlah penderitanya terus bertambah.

Lalu, bagaimana kiat personel Polri menjaga imunitas dan kebugaran fisiknya, di tengah pandemi corona covid-19 dengan tetap waspada menjaga keamanan negara? Kapolres Serang AKBP Mariyono dan Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono, mengaku kerap mengonsumsi jamu tradisional warisan nenek moyang Indonesia.

Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono mengatakan dia kerap mengonsumsi jamu kunyit, temulawak, jahe, hingga beras kencur. Maklum saja, Edhi merupakan putra kelahiran Boyolali, Jawa Tengah. Masyarakat Jawa sudah dikenal sangat akrab dengan jamu-jamuan, begitu pun dengan Presiden Jokowi.

"Ya meski belum bisa dipastikan mampu mengobati covid-19. Setidaknya jamu mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Karena jamu merupakan warisan kesehatan Indonesia," kata Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono, Kamis (26/3/2020).

Edhi mengatakan kerap membuat ramuan jamu sendiri. Namun, terkadang di tengah kesibukan, dia juga sering membelinya dari Mbok Jamu.

"Kalau enggak bikin sendiri, ya beli ke mbak-mbak jamu yang lewat, kan sekarang sudah ada. Paling enggak minum jamu tradisional," terangnya.

Kapolres yang menjaga keamanan di Ibu Kota Banten itu mengaku harus siap 24 jam menjaga wilayahnya. Namun, dia pun harus memastikan dirinya beserta keluarga tetap sehat dan bugar di tengah ancaman corona covid-19.

"Selain melakukan pola hidup bersih, dengan rajin mencuci tangan, bisa juga pola hidup sehatnya dengan meminum jamu," ujarnya.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jus Pinang Muda

 

Tak ketinggalan, Kapolres Serang AKBP Mariyono menceritakan, dia suka mengonsumsi jus pinang muda, karena dipercaya memiliki manfaat menambah stamina dan imunitas tubuh.

"Jus pinang muda dipercaya menambah stamina lebih kuat, menurunkan kadar gula darah, mengobati kolesterol, menghilangkan bau tak sedap hingga memperkuat gigi dan gusi," kata Kapolres Serang, AKBP Mariyono, Kamis (26/3/2020).

Bagi yang mau mengonsumi jus pinang muda, bisa memperoleh dengan mudah. Jus pinang muda sudah tersedia dalam bentuk kemasan dan bisa dikonsumsi kapan pun tanpa repot meraciknya sendiri. Sama halnya dengan yang dijual oleh Mbak-Mbak Jamu'.

"Di Kabupaten Serang, tepatnya di dekat pintu gerbang masuk kawasan industri modern, Kecamatan Cikande, ada toko yang menjual jus pinang tinggal minum. Produsennya Kompol Kosasih, Kabag Ops Polres Serang, harganya terjangkau," kata Kapolsek Cikande, Kompol Mochamad Rizky Salatun, dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Kamis (26/03/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.