Sukses

Sujuspa Minuman Penguat Imun Tubuh dari Mamasa Diyakini Tangkal Covid-19

Sujuspa sudah dikomsumsi oleh warga sehari-hari untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan suhu tubuh

Liputan6.com, Mamasa - Mungkin hanya sebagian masyarakat saja di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) yang mengetahui minuman bernama Sujuspa. Menurut masyarakat, minuman itu mampu meningkatkan imun tubuh, sehingga dipercaya bisa menangkal virus Corona (Covid-19) yang saat ini sedang mewabah.

Sujuspa bisa dikatakan kloningan dari Sarabba, minuman khas daerah tetangga Sulawesi Selatan (Sulsel), karena secara bahan baku keduanya hampir sama. Perbedaannya, tidak ada gula merah pada bahan baku Sujuspa, hanya menggunakan susu, jahe, sereh serta kelapa.

Piladelfia (45) warga Desa Tampakurra, Kecamatan Tabulahan, Mamasa yang sering membuat Sujuspa mengatakan, minuman ini sudah dikomsumsi oleh warga sehari-hari. Mereka biasa meminum Sujuspa untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan suhu tubuh.

"Kami biasa meminum ini untuk menjaga kesehatan. Cuaca di sini dingin apa lagi pada umumnya warga bertani dan berkebun, sehingga mereka rutin mengonsumsi minuman ini untuk menangkal penyakit," kata Piladelfia kepada Liputan6.com, Kamis (26/03/2020).

Piladelfia mengungkapkan, pada awalnya masyarakat di desanya selalu meminum Sarabba di tengah cuaca dingin Mamasa. Namun, karena sulitnya mendapatkan gula merah, mereka pun mencari bahan alternatif lain sebagai pengganti.

"Jauh sebelumnya, masyarakat setempat sudah setia mengkonsumsi Sarabba. Namun, karena di daerah kami gula merah sangat susah didapatkan, kami akhirnya membuat racikan baru dengan menggunakan susu sebagai pengganti gula merah dan diberi nama Sujuspa," ungkap Piladelfia.

Karena itu, ditengah kabar wabah Covid-19 yang semakin mewabah, semakin banyak warga yang meminum Sujuspa untuk meningkatkan imun tubuh mereka. Khasiat jahe dan sereh dipercaya mampu menangkal virus-virus tertentu, termasuk Covid-19.

"Banyak warga sekarang yang rutin minum Sujuspa, katanya bisa menangkal virus Corona. Semoga saja minuman ini bisa menangkalnya, sehingga masyarakat tidak terjangkis virus itu," ujar Piladelfia.

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.