Kasus Pertama, Satu Warga Rembang Positif Virus Corona Covid-19

Oleh Ahmad Adirin pada 26 Mar 2020, 11:52 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 12:16 WIB
Ilustrasi Virus Corona

Liputan6.com, Rembang - Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) warga Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dinyatakan pasien positif virus Corona Covid-19. Artinya, kasus ini adalah yang pertama kali menjangkit warga setempat.

Kepala Dinas Kabupaten (DKK) Rembang, Ali Syofii mengungkapkan, yang bersangkutan awal mulanya pasien dari RSUD dr R Soetrasno Rembang. Kemudian diisolasi ke RSUD Wongsonegoro Semarang.

Pihaknya mendapatkan kabar pasien tersebut masuk dalam daftar PDP pada 17 Maret 2020, dan saat ini pasien dinyatakan positif corona Covid-19.

"Hasil labnya RSUD Wongsonegoro Semarang, pasien rujukan dari RSUD dr R Soetrano Rembang positif Corona Covid-19," kata Ali saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (26/3/2020).

Ali mengatakan, pasien berprofesi sebagai buruh proyek (bangunan) di kota Bali dan otomatis pernah kontak secara langsung dengan warga yang berada di tempatnya bekerja.

Dia menyebut, pasien yang bersangkutan itu berjenis kelamin laki-laki. Usianya 28 tahun, merupakan warga dari Desa Megal, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang.

"Riwayatnya pasien kerja bangunan di Bali. Pernah bersinggungan dengan warga positif terjangkit Corona Covid-19 di sana," ungkap Ali.

Data mengungkap, di Kabupaten Rembang terdapat 5 PDP corona Covis-19. Satu pasien dinyatakan negatif Corona Covid-19, saat ini kondisinya sudah pulih secara total dan satu pasien positif corona Covid-19.

"Yang PDP 3 orang dirawat di Rembang, yang 2 orang dirawat di Semarang. Semua pasien telah dicek swab statusnya dan kami masih menunggu informasi selanjutnya," ungkap Ali.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓