Kabar Gembira, Kondisi Balita Berstatus PDP Corona di Tolitoli Terus Membaik

Oleh Heri Susanto pada 26 Mar 2020, 06:35 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 06:35 WIB
Balita PDP Corona

Liputan6.com, Tolitoli - Kondisi kesehatan balita yang menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona Covid-19 di RS Kabupaten Tolitoli terus membaik. Pihak rumah sakit masih menunggu dari Jakarta hasil pemeriksaan swab pasien tersebut untuk memastikan ada tidaknya virus corona Covid-19. Sampel pasien sendiri telah dikirim ke Jakarta sejak 21 Maret lalu. 

Pasien balita berusia berusia 3 tahun itu ditetapkan sebagai PDP dan diisolasi di rumah sakit Mokopido sejak 20 Maret lalu, setelah pemeriksaan dokter menemukan ada gejala phenomonia. Penetapan status PDP juga berdasarkan riwayat pasien yang sebelumnya kontak dengan kerabatnya yang datang dari luar negeri.

Setelah enam hari menjalani isolasi dan perawatan intensif, menurut pihak rumah sakit Mokopido, pasien tersebut telah dalam keadaan sehat. Gangguan kesehatan seperti batuk, demam, dan gangguan pernapasan tidak lagi dialami balita tersebut.

"Sampai sekarang (25/3/2020), balita itu dalam kondisi sehat. Tidak ada lagi gangguan kesehatan seperti sebelumnya," kata Direktur RS Mokopido Tolitoli, Daniel kepada Liputan6.com, Rabu (25/3/2020).

"Tinggal menunggu hasil swab sebelum boleh pulang," katanya.

Sementara itu berdasarkan data Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah per tanggal 25 Maret 2020, di Kabupaten Tolitoli terdapat 1 PDP dan belum ada orang berstatus ODP. Sedangkan secara umum di Sulawesi Tengah terdapat 19 PDP dan 38 ODP. Hingga 25 Maret 2020 belum ditemukan satu pun kasus positif corona Covid-19 di wilayah tersebut.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓