Ritual Gundul Wali Kota dan Pejabat Solo Demi Usir Virus Corona Covid-19

Oleh Fajar Abrori pada 26 Mar 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 10:00 WIB
Aksi Tolak Bala Cukur Gundul Wali Kota Solo

Liputan6.com, Solo - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengajak puluhan pejabat tinggi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk cukur gundul di rumah dinas wali kota, Loji Gandrung, Rabu, 25 Maret 2020. Aksi cukur gundul itu merupakan bagian dari ritual tolak bala untuk mengusir wabah virus corona Covid-19 yang sedang merebak saat ini.

Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy itu menginisiasi aksi tolak bala secara spontan itu usai memimpin rapat koordinasi penanganan pasien virus corona bersama direksi RSUD Bung Karno. Setelah itu, ia pun langsung mengajak Sekda Pemkot Surakarta untuk potong gundul di belakang rumah dinas.

Ia pun mengajak Sekda Pemkot Surakarta, Ahyani untuk cukur gundul. Ajakan tersebut ternyata tidak berhenti di Sekda, Rudy menghubungi para kepala dinas di organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Solo untuk hadir ke Loji Gandrung untuk mengikuti cukur gundul. Namun ajakan itu tidak berlaku bagi para kepala dinas dari kaum perempuan.

"Yang ikut cukur gundul kepala dinas, kepala bagian dan kepala badan, kecuali ibu-ibu," kata dia di Loji Gandrung, Solo, Rabu, 25 Maret 2020, usai cukur gundul mengusir Corona Covid-19.

2 dari 3 halaman

Simbol Membuang Sial

Aksi Tolak Bala Cukur Gundul Wali Kota Solo
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo usai mengikuti aksi tolak bala usir corona dengan cukur gundu di Lojo Gandrung, Solo, Rabu (25.3).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Menurut Rudy, kegiatan cukur gundul dilakukan sebagai bagian dari ikhtiar dan doa untuk mengusir wabah virus Corona. Aksi potong gundul itu dipercaya merupakan simbol untuk membuang sesuatu yang tidak baik.

"Kalau orang Jawa bilang tolak bala. Boleh percaya atau tidak. Namun ikhtiar yang dilakukan sebagai upaya yang tidak merugikan orang lain," jelasnya.

Dengan aksi tersebut diharapkan wabah virus Corona segera berakhir sehingga kegiatan masyarakat Solo bisa normal kembali. Selain itu, ia pun berharap masyarakat Solo juga dalam kondisi sehat dan dijauhkan dari paparan virus tersebut.

"Tujuan utamanya adalah bagaimana mewujudkan masyarakat Solo ini terbebas dari Corona," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓