Pasien Dalam Pengawasan Terkait Corona COVID-19 di Sumut 55, Positif 9, ODP 1.976

Oleh Reza Efendi pada 25 Mar 2020, 22:36 WIB
Diperbarui 25 Mar 2020, 22:36 WIB
Kepala Pelaksana Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sumut, Riadil Akhir Lubis

Liputan6.com, Medan Data terbaru terkait virus corona COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) kembali di-update oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut. Tercatat jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) kembali meningkat.

Kepala Pelaksana Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sumut, Riadil Akhir Lubis mengatakan, jumlah ODP di Sumut saat ini sebanyak 1.976 orang. Jumlahnya bertambah sebanyak 585 dari sebelumnya 1.391.

"ODP sebanyak 1.976 per hari ini," kata Riadil dalam konferensi pers live streaming melalui kanal YouTube, Rabu (25/3/2020).

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus corona COVID-19 di Sumut berjumlah 55, negatif 6 orang, dan positif 9. Untuk kasus positif, satu meninggal dunia pada Selasa, 17 Maret 2020, dan 8 masih menjalani perwatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik.

"Hingga hari ini sudah ada tiga orang meninggal dunia, dengan perincian satu positif COVID-19 dan dua orang PDP meninggal non laboratorium," ucapnya.

Diungkapkan Riadil, saat ini ribuan Alat Pelindung Diri (APD) yang dibutuhkan oleh tenaga medis di Sumut dalam menangani pasien terkait virus corona COVID-19 sudah berada di gudang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan.

"Sudah di gudang BPBD Medan (APD) dan siap untuk didistribusikan. Untuk rapid test kita masih menunggu, karena belum datang," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Positif Corona COVID-19 di Sumut

Pemkot Semarang Mulai Gelar Rapid Test Corona
Rapid Test Corona.

Kasus pasien positif terinfeksi virus corona di Sumut bertambah. Jika sebelumnya berjumlah 8 orang, kali ini bertambah satu menjadi 9 orang. Seluruhnya dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik.

Dari jumlah tersebut, 8 orang menjalani proses isolasi dan satu orang meninggal dunia. Penambahan jumlah pasien positif virus corona COVID-19 dibenarkan Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak.

"Iya, yang positif saat ini 9 orang," kata Rosario.

Berdasarkan akun Instagram resmi RSUP Haji Adam Malik @rsupham, update data pasien terkait corona COVID-19 tercatat, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 6, pasien negatif 8, dan pasien positif 9, satu diantaranya meninggal dunia, 8 masih dirawat.

Sementara itu, pasien positif dan PDP yang dirawat di ruang isolasi RSUP H Adam Malik, yang terletak di Jalan Bunga Lau, Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumut, berjumlah 14 orang. Sedangkan ruang isolasi di rumah sakit tersebut hanya 14 unit.

3 dari 3 halaman

saksikan juga video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓