Sukses

Tambah Satu, Pasien PDP RSUD Merauke Positif Corona Covid-19

Pasien positif corona covid-19 baru melakukan perjalanan dari Jakarta.

Liputan6.com, Jayapura - Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD dinyatakan positif corona. Pasien tersebut adalah seorang pria dengan pekerjaan sebagai ASN di Pemerintah Kabupaten Merauke.

Satgas Covid Kabupaten Merauke menyebutkan dengan tambahan satu pasien positif corona covid-19, maka total pasien positif covid-19 di Merauke berjumlah 3 orang.

“Pasien ASN ini melakukan perjalanan dari Jakarta dan tiba di Merauke mengalami sesak nafas. Pasien diisolasi dan dalam keadaan stabil,” jelas Kepada Dinas Kesehatan Merauke, Nevile Mustika, dalam keterangan pers Selasa malam (24/3/2020).

Hingga kini, RSUD Merauke merawat 5 orang PDP, serta memantau 66 orang dalam pemantauan (ODP).

“Pasien PDP terakhir adalah bayi berusia 2 bulan yang merupakan anak perawat yang berstatus positif covid-19,” jelasnya.

 Bayi laki-laki baru masuk Senin malam dalam keadaan sesak nafas dan diisolasi di RSUD Merauke. Bayi ini diketahui kontak langsung dengan perawat yang kontak dengan pasien pertama yang juga dinyatakan positif covid-19.

Sementara itu, Satgas Covid-19 Papua mencatat hingga Selasa malam (24/3/2020) terdapat 26 PDP yang dirawat, serta 728 ODP. Lalu, pasien PDP negatif covid-19 sebanyak 3 orang yang keseluruhan berada di Jayapura dan PDP positif covid-19 sebanyak 3 orang di Merauke.

Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule menyebutkan ada penambahan 3 rumah sakit rujukan dari sebelumnya 13 rumah sakit, sehingga total saat ini ada 16 rumah sakit rujukan yang tersebar di 29 kabupaten/kota di Papua.

“Sementara itu ada 1 orang pasien PDP negatif covid-19 sudah pulang ke rumahnya hari ini,” jelas Silwanus.

simak video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.