Pertama Kalinya, 1 Orang Warga Palembang Positif Corona Covid-19

Oleh Nefri Inge pada 24 Mar 2020, 18:13 WIB
Diperbarui 24 Mar 2020, 18:14 WIB
corona/kezo/jogja

Liputan6.com, Palembang - Pasca meninggalnya dua orang warga Sumsel yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pada hari Minggu (22/3/2020) lalu di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, kepanikan akan penularan Corona Covid-19 di Sumsel semakin menjadi.

Kecemasan warga Sumsel pun kian memuncak, setelah laman website covid19.go.id merilis, ada satu orang warga Sumsel yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19, yang dilampirkan pada hari Selasa (24/3/2020).

Penetapan PDP positif Corona Covid-19 ini terjadi untuk pertama kalinya, setelah ada 142 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 13 PDP yang dirujuk ke RSMH Palembang.

Gubernur Sumsel Herman Deru akhirnya mengkonfirmasi dari data dan tabel Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nasional.

“Terkonfirmasi ada satu orang warga Sumsel yang positif Corona Covid-19. Namun belum disebut di Sumsel ada yang meninggal dunia,” katanya dalam Konferensi Pers yang digelar di Lobi Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

Data tersebut diungkapkan setelah Pemprov Sumsel melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, mengirimkan enam spesimen PDP di Palembang ke Litbangkes Jakarta.

Untuk data PDP yang positif Corona Covid-19, Herman Deru pun belum mendapatkan informasi secara resmi.

Namun Herman Deru mengindikasi bahwa satu dari dua orang PDP yang meninggal dunia tersebut, adalah pasien yang positif Corona Covid-19.

“Itu informasinya karena data terakhir yang dikirim spesimen itu. Yang baru, belum mendapat jawabannya karena masih proses. Jadi sangat mungkin dari dua PDP yang meninggal dunia itu, satu diantaranya positif Corona Covid-19,” ucapnya.

Dua orang PSP yang meninggal dunia tersebut yaitu warga Kota Palembang berusia 54 tahun, yang meninggal dunia di RSMH Palembang sekitar pukul 05.45 WIB.

Sedangkan satu PDP lainnya yang meninggal dunia yaitu pria berusia 53 tahun, warga Kota Prabumulih Sumsel. Pasien tersebut berprofesi sebagai tenaga medis di salah satu rumah sakit di Kota Prabumulih.

 

2 dari 2 halaman

Status Tanggap Darurat

2 PDP Corona Covid-19 di RSMH Palembang Meninggal Dunia
RSMH Palembang menjadi rumah sakit rujukan pasien Corona Covid-19 di Sumsel (Dok.Depkes.go.id / Nefri Inge)

“(Positif Corona Covid-19) Dari Kota Palembang, informasinya kuat. Tapi memang belum ada di tabel tentang PDP yang meninggal dunia. Maka saya garisbawahi, kemungkinan (PDP Palembang),” ujarnya.

Sejak meninggalnya dua orang PDP di RSMH Palembang, Herman Deru yang awalnya menetapkan status Sumsel sebagai waspada Corona Covid-19, kini statusnya sudah ditingkatkan.

Mantan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Sumsel ini, sudah menandatangani peningkatan status Sumsel menjadi Tanggap Darurat Corona Covid-19, pada Senin (23/3/2020) malam.

“Kepada para jurnalis, jangan sampai sepenggal-penggal menjelaskan ini, harus dirunut kronologinya. PDP (Positif Corona Covid-19) itu baru pulang dari daerah terpapar yaitu Jakarta,” ungkapnya.

Lanjutkan Membaca ↓