Sukses

TNI di Bali Keliling Kota Imbau Warga Tak Keluar Rumah

Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19

Liputan6.com, Denpasar Aparat yang terdiri dari TNI di Kabupaten Jembrana, Bali berkeliling kota menggunakan mobil komando. Sambil membawa pengeras suara, mereka mengimbau agar warga mematuhi kebijakan pemerintah pusat dan Gubernur Bali yang meminta warga tak melakukan aktivitas di luar rumah. Hal itu dilakukan berkaitan dengan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Pantauan di lapangan, Kodim 1617/Jembrana memilih berkeliling kota menggunakan mobil milik Pemkab Jembrana. Komandan Kodim 1617/Jembrana, Letkol Kav Djefri Marsono Hanok memimpin langsung anggotanya mengimbau warga yang masih melakukan aktivitas.

Melalui pengeras suara, dari atas mobil Djefri mengimbau warga untuk melakukan akivitas di dalam rumah sesuai anjuran pemerintah. Tujuannya, kata dia, untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Tinggalkan kegiatan yang tidak perlu di luar rumah. Semua warga harus tetap berada di dalam rumah dan lakukan aktivitas di rumah,” kata Letkol Defri melalui pengeras suara, Selasa (24/3/2020).

Selain itu, dalam imbauannya Letkol Djefri juga meminta warga untuk tak melakukan aktivitas yang menimbulkan keramaian terlebih dahulu. Jika harus berada dalam kerumunan seperti ke pasar untuk membeli bahan pokok, ia mengingatkan warga untuk memperhatikan jarak aman.

“Hindari kerumunan. Jika pun harus pergi keluar membeli bahan pokok atau makanan, hendaknya tetap memperhatikan jarak aman antar-manusia, minimal satu meter,” ujarnya.

Selain itu, Letkol Djefri juga meminta agar warga menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir untuk menghambat penyebaran COVID-19.

Menurut Letkol Djefri, tindakan mengimbau warga merupakan inisiatif dirinya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Diketahui, warga di sekitar Kabupaten Jembrana masih banyak yang melakukan aktivitas di luar rumah.

“Ini bentuk kepedulian kami untuk mengimbau warga agar mengikuti anjuran pemerintah pusat dan Pemprov Bali. tentu kita tidak ingin wabah COVID-19 ini semakin meluas di Bali yang kita cintai ini. Untuk itu, saya berinisiatif memberikan imbauan keliling kota kepada masyarakat,” kata Letkol Djefri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.