Sukses

Dua Pasien PDP di Merauke Positif Covid-19, Salah Satunya Perawat

Perawat di RSUD Merauke sempat kontak langsung dengan pasien PDP saat pertama kali masuk ruang isolasi.

Liputan6.com, Jayapura - Dua pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Merauke positif covid-19. Kedua pasien berjenis kelamin laki-laki berumur 46 tahun dan 31 tahun.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke,  dokter Nevil Mustika menyebutkan, salah satu pasien positif covid-19 adalah perawat yang kontak langsung dengan pasien PDP saat pertama kali masuk dalam ruang isolasi.

"Kedua pasien dalam kondisi stabil dan baik. Kami minta masyarakat di Merauke tidak panik dan tetap di rumah saja untuk mencegah penyebaran corona covid-19," jelasnya, Minggu (22/3/2020).

Pasien positif covid-19 berumur 46 tahun pernah mengikuti kegiatan di Bogor pada Februari 2020 lalu. Sekembalinya ke Merauke, pasien mengalami gejala batuk, pilek, dan demam dan mulai dirawat RSUD Merauke pada 11 Maret 2020.

RSUD Merauke saat ini merawat 5 orang PDP yang keseluruhan berjenis kelamin laki-laki, yakni pasein 1, berumur 46 tahun, pasien ke-2 berumur 31 tahun, pasien ke-3 berumur 51 tahun.

Kemudian pasien ke-4 berumur 33 tahun yang sebelumnya merupakan pasien orang dalam pemantauan (ODP), lalu menjadi PDP karena mengalami demam dan batuk.

"Pasien ke-4 baru tadi malam dievakausi ke RSUD dan ditetapkan sebagai PDP. Kemudian pasien berstatus PDP ke-5 berumur 30 tahun. Sementara untuk ODP secara keseluruhan di Merauke berjumlah 62 orang yang terus dipantau kesehatannya," katanya.

Untuk alat pelindung diri (APD) RSUD Merauke telah meminta tambahan 40 sheet dari Dinas Kesehatan Papua  dan akan segera dikirim.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.