Sukses

Dokter di Kupang Diduga Bocorkan Rekam Medis PDP Covid-19 via Facebook

Bocornya hasil rontgen pasien terduga corona covid-19 ini dilakukan bagian radiologi RS yang ditandatangani dr Jn.

Liputan6.com, Kupang - Gara-gara diduga membocorkan hasil rekam medis pasien suspect Corona Covid-19, Jn, seorang dokter di salah satu rumah sakit di Kota Kupang, NTT akhirnya dilaporkan ke polisi oleh keluarga pasien, Rabu (18/3/2020).

Saat mendatangi Polres Kupang Kota, keluarga korban, Ronaldy Christian Rohi didampingi tim kuasa hukumnya dari LBH Surya NTT.

Laporan itu tertuang dalam nomor, LP/B/351/III/2020/SPKT/Resor Kupang Kota yang tercatat pada Surat Tanda Terima Laporan Polisi (STTLP) Nomor 349/STTLP/III/2020/SPKT/ Resor Kupang Kota ditandatangani oleh Banit I SKPT Brigpol Enjel Makaborang.

Kuasa hukum pasien dari LBH Surya NTT, Herry FF Battileo, mengatakan, laporan itu dibuat guna menggugat pertanggungjawaban hukum dr. Jane, yang telah secara sadar membocorkan hasil rekam medis pasien yang diduga corona covid-19 ke publik tanpa seizin pasien.

"Bocornya hasil rontgen pasien terduga corona covid-19 ini dilakukan bagian radiologi RS yang ditandatangani dr Jn. Parahnya, hasil pemeriksaan itu sempat viral di medsos pada 16 Maret 2020 dan membuat korban tidak nyaman hingga depresi," ujarnya kepada wartawan, Rabu (18/3/2020).

Ia mengatakan sejak mendapat pengaduan, Selasa (17/3/2020), keluarga pasien didampingi LBH Surya NTT telah berupaya meminta klarifikasi pihak RS tempat dokter itu dinas, untuk mendapatkan kejelasan. Namun, pihak rumah sakit beralasan pimpinan rumah sakit tidak berada di tempat.

"Karena tekanan di media sosial, korban mengalami ganguan dan tekanan psikologis, hingga tak mau lagi makan dan minta dikeluarkan dari rumah sakit," katanya.

Ketua LBH Suryw NTT, E Nita Juwita, mengatakan, tindakan dr. Jn telah melawan hukum dan kode etik kedokteran, karena secara sadar memublikasikan hasil rekam medis pasien ke publik.

"Ini yang kami gugat dan meminta pertanggungjawaban secara hukum kepada dr Jn dan pihak rumah sakit atas tindakan kemanusiaan yang telah melukai hari pasien," tegasnya.

Ia menambahkan, LBH Surya NTT akan terus memperjuangkan keadilan bagi pasien dan meminta pertanggungjawaban hukum tenaga medis dan pihak rumah sakit.

"Apalagi hasilnya diekspos melalui media sosial Facebook, maka konsekuensi hukumnya jelas dikenakan undang-uandang ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. Nanti kita lihat saja, tergantung pengembangan pihak penyidik," dia menandaskan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Rumah Sakit

Direktur rumah sakit itu angkat bicara. Menurut dia, pasien tersebut saat ini sudah dirujuk ke RSU W.Z Johanes Kupang untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

"Tidak benar berita yang beredar saat ini yang menyatakan pasien sudah positif covid-19 karena masih memerlukan pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pasien tersebut baru diduga terinfeksi covid-19 dan dikategorikan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Sesuai rapat koordinasi antara tim kabupaten dan Provinsi, semua informasi tentang covid-19, mulai hari ini melalui sistim adalah satu pintu yaitu satgas covid-19 di tingkat Provinsi NTT," katanya.

Ia meminta agar masyarakat Kota Kupang tidak cepat panik dengan informasi yang beredar. Masyarakat diminta untuk lebih selektif terhadap setiap informasi yang berkaitan dengan covid-19, dengan mengedepankan konfirmasi dan koordinasi dengan pihak-pihak yang berkompeten guna mendapatkan informasi yang tepat, benar dan akurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.