Sukses

Perkembangan Status Pasien Covid-19 di Jabar: 26 Positif, 3 Sembuh, 2 Meninggal

Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar) menyatakan terdapat penambahan kasus baru pasien positif virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Bandung - Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar) menyatakan terdapat penambahan baru kasus pasien positif virus Corona Covid. Hingga Kamis, pukul 16.00 WIB, total pasien positif mencapai 26 orang.

"Total positif 26, pasien sembuh tiga orang dan meninggal dua orang," kata Ketua Harian Pikobar yang juga Sekretaris Daerah Jabar Setiawan Wangsaatmaja di Gedung Sate Bandung, Kamis (19/3/2020).

Setiawan juga menyampaikan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) saat ini mencapai 1.412 orang. Sebanyak 594 di antaranya telah selesai menjalani pemantauan atau negatif dan 818 masih dalam pemantauan.

Sementara itu, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 132 orang dengan 49 di antaranya negatif dan 83 lainnya masih dalam pengawasan.

Dengan demikian, terjadi peningkatan jumlah pasien positif dari sehari sebelumnya berjumlah 22 orang. Ada empat pasien positif baru yang kini dirawat.

Terkait dengan asal daerah empat pasien positif baru, Setiawan tak merinci.

"Untuk empat orang tambahan ini, kami sedang mengonfirmasi kembali. Karena kami sedang melihat apakah dari Bandung, barangkali ada dari luar Bandung. Tapi akan kami pastikan dari mananya nanti, kami konfirmasi lebih dulu," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunda Bepergian ke Jakarta

Terpisah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membenarkan terjadinya penambahan pasien positif Covid-19.

"Meningkat dua kali lipat hanya dalam satu hari. Mayoritas tiga perempatnya ada di daerah yang dekat Jakarta seperti di Bekasi," kata Emil, sapaan akrabnya.

Emil mengaku telah berkoordinasi bupati dan wali kota Bekasi untuk mencegah penyebaran penularan corona.

"Saya sudah telepon wali kota dan bupati untuk pastikan kurangi pergerakan ke Jakarta karena episentrumnya ada di sana dan terbukti lonjakan di daerah itu," ujarnya.

Seperti diketahui, jumlah pasien positif di Indonesia per Kamis sore ini mencapai 309 orang, dengan 25 orang di antaranya meninggal dunia, 15 orang sembuh.

Juru bicara pemerintah khusus penanganan virus Corona Achmad Yurianto mengatakan penambahan itu berasal dari Bali (1 kasus), Banten (27), DIY (5), DKI Jakarta (210), Jawa Barat (26), Jawa Tengah (12), Jawa Timur (9), Kalimantan Barat (2), Kalimantan Timur (3), dan Kepulauan Riau (3).

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.