Mengintip Penerapan 'Social Distancing' di Bandara Adi Soemarmo

Oleh Fajar Abrori pada 21 Mar 2020, 02:00 WIB
Diperbarui 21 Mar 2020, 02:00 WIB
Bandara Adi Soemarmo

Liputan6.com, Solo - Bandara Adi Soemarmo Solo menerapkan social distancing kepada para calon penumpang pesawat. Hal ini ditandai dengan pemasangan stiker panduan dengan jarak 1 meter untuk menghindari penularan virus corona Covid-19.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdulllah Usman mengatakan Bandara Adi Soemarmo melaksanakan kebijakan social distancing atau pembatasan sosial di area publik. Kebijakan tersebut dilakukan untuk mencegah penularan virus corona Covid-19 di bandara.

"Social distancing dilakukan untuk meminimalisir penularan virus corona Covid-19," kata dia, Kamis 19 Maret 2020.

Pembatasan sosial diterapkan dengan memasang stiker panduan berjarak 1 meter untuk menjaga jarak antara pengguna jasa di bandara. Adapun tempat yang dipasangi stiker meliputi tempat antrean di bandara dan fasilitas umum lainnya.

"Pemasangan stiker dengan jarak 1 meter itu diterapkan di ruang check in, ruang security check point, lift, antrian toilet, antrian bagasi, kursi di ruang tunggu keberangkatan dan antrian taksi," sebutnya.

Selain itu, lanjut Usman, pihak pengelola bandara juga sudah menggunakan thermal scanner di terminal kedatangan internasional untuk mengecek dan memeriksa suhu badan penumpang. Sedangkan, di terminal kedatangan domestik dilakukan dengan menggunakan infrared forehead thermometer.

"Upaya Bandara Adi Soemarmo untuk memaksimalkan kewaspadaan dampak ppenyebaran virus corona juga telah dilakukan pemeriksan dan pengecekan rutin suhu tubuh," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓