Sukses

1 Pasien di Samarinda Positif Covid-19

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur membenarkan satu pasien dinyatakan positif Covid-19.

Liputan6.com, Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membenarkan jika satu pasien yang sedang diisolasi di Kota Samarinda terkonfirmasi Covid-19. Pasien tersebut dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie, Samarinda.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi membenarkan pasien terkonfirmasi Covid-19 tersebut. "Ya benar," kata Hadi saat dihubungi wartawan melalui aplikasi pesan singkat, Rabu (18/03/2020).

Sebelumnya, RSUD Abdul Wahab Syahranie merawat tiga Pasien Dengan Pengawasan (PDP). Ketiganya merupakan pasien dengan gejala batuk dan demam setelah pulang dari daerah rawan penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Samarinda dr Osa Rashfodia menjelaskan, ketiga pasien tersebut saling berinteraksi. Salah satu dari pasien pernah bepergian ke Kota Bogor dalam 14 hari terakhir sebelum diisolasi.

"Satu orang yang pulang dari Bogor itu berinteraksi dengan dua pasien lainnya. Ketiganya kemudian menimbulkan gejala Covid-19 sehingga harus diisolasi," kata Osa, Sabtu (14/03/2020).

Ketiganya sempat dinyatakan negatif pada tes laboratorium tahap pertama. Namun pada tes tahap kedua, salah satu dari ketiganya dinyatakan positif. 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.