Gunung Ciremai Tutup Imbas Covid-19, Manajemen Gelar Pembenahan

Oleh Panji Prayitno pada 18 Mar 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 18 Mar 2020, 21:00 WIB
Pendakian Hingga Objek Wisata Gunung Ciremai Tutup Imbas Covid-19
Perbesar
Pengelola Gunung Ciremai resmi menutup aktivitas jalur pendakian dan objek wisata di sekitar pegunungan merespon pencegahan penyebaran covid-19. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Kuningan - Upaya mencegah penyebaran virus corona covid-19 di Pantura Jawa Barat terus dilakukan. Selain menetapkan belajar dan kerja dirumah, jalur pendakian Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Jawa Barat resmi ditutup selama dua pekan.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), aktifitas pendakian ditutup per tanggal 17 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020. Humas TNGC Agus Yudantana membenarkan edaran yang tersebar di sosial media tersebut.

"Berdasarkan instruksi dari atas sampai kebijakan Bupati Kuningan kami memutuskan untuk ditutup sementara," kata Agus saat dihubungi, Rabu (18/3/2020).

Selama penutupan tersebut, TNGC akan melakukan pengawasan di wilayah Gunung Ciremai. Termasuk menyemprot cairan disinfektan di sejumlah titik.

Seperti posko pertama pendakian hingga warung dan lokasi wisata yang ada di kawasan Gunung Ciremai itu sendiri. Agus menyebutkan, penyemprotan disinfektan akan dilakukan satu kali sehari.

"Selain itu kami juga akan melakukan beberapa pembenahan Gunung Ciremai mulai dari kondisi jalur sampai pemantauan flora fauna yang ada," ujar dia.

Sementara itu, penutupan jalur online berimbas kepada para pendaki yang sudah terlanjur melakukan pemesanan melalui online. Agus memastikan para calon pendaki yang sudah memesan online di tanggal penutupan akan dijadwal ulang.

Dia mengimbau kepada calon pendaki Gunung Ciremai yang sudah membayar registrasi untuk mendaki di tanggal penutupan agar menghubungi admin yang ada di pendaftaran online.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


64 Objek Wisata

Pendakian Hingga Objek Wisata Gunung Ciremai Tutup Imbas Covid-19
Perbesar
Bukit Seribu Bintang salah satu objek wisata yang berada di kawasan Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

"Nanti ketika pendakian dibuka mereka yang sebelumnya rencana mendaki di tanggal penutupan bisa langsung mendaki sesuai perubahan tanggal yang sudah diatur," jelas Agus.

Penutupan aktifitas Gunung Ciremai tak hanya berimbas kepada pendakian. Tercatat ada 64 objek wisata di kawasan Gunung Ciremai ikut ditutup.

Agus memastikan selama masa pencegahan penyebaran virus corona covid-19, aktifitas pendakian maupun objek wisata tutup. Dia mengimbau agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk datang berlibur di kawasan Gunung Ciremai pada tanggal penutupan.

"Kami juga akan menyemprot cairan disinfektan ke sejumlah objek wisata di Gunung Ciremai," ujar Agus.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona covid-19 di internal TNGC, pihaknya mewajibkan karyawan memakai hand sanitizer dan masker. Kebijakan tersebut termasuk bagi warga atau tamu yang berkunjung ke Kantor TNGC di Kabupaten Kuningan.

Agus memastikan sebaran virus corona covid-19 berimbas kepada sektor wisata alam termasuk Gunung Ciremai. Dia berharap, masyarakat dapat memaklumi dan bekerjasama dalam mencegah penyebaran virus corona covid-19 di Indonesia khususnya Jawa Barat ini.

"Untuk informasi lebih lanjut nanti akan kami sampaikan lagi sesuai dengan situasi kondisi yang ada di lapangan," kata dia.

Saksikan video pilihan beriku ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya