Sukses

Pasien Positif Corona COVID-19 di Yogyakarta Bertambah

Jumlah pasien positif corona COVID-19 di Yogyakarta bertambah satu orang.

Liputan6.com, Yogyakarta Jumlah pasien positif corona COVID-19 di Yogyakarta bertambah satu orang. Pasien ini masuk ke RSUP Dr. Sardjito pada Minggu, 15 Maret 2020 malam setelah dirujuk oleh rumah sakit perujuk.

“Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan, disampaikan ada hasil laboratorium positif (corona COVID-19) dari sampel warga DIY yang dikirimkan ke Litbangkes, yakni seorang laki-laki berusia 58 tahun,” ujar Berty Murtiningsih, juru bicara Pemprov DIY untuk penanganan COVID-19, Selasa (18/3/2020).

Ia menuturkan, penelusuran riwayat kontak untuk pasien kedua mulai dilakukan.

Saat ini jumlah pasien positif corona COVID-19 yang dirawat di RSUP Dr. Sardjito menjadi dua orang. Meskipun demikian, kondisi terakhir balita berusia tiga tahun yang menjadi pasien positif pertama di Yogyakarta sudah membaik.

Indikator membaik, meliputi tidak ada gejala pneumonia. Pasien balita itu sudah tidak demam, tidak batuk, dan tidak pilek.

RSUP Dr. Sardjito masih akan melakukan dua kali tes lagi untuk memastikan pasien benar-benar sembuh dari COVID-19.

“Setelah rentang hasil positif, kami melakukan tiga kali tes untuk meyakinkan hasilnya sudah negatif COVID-19,” ucap Banu Hermawan, Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito.

Data dari rumah sakit rujukan COVID-19 di DIY per 17 Maret 2020, jumlah PDP yang dirawat sebanyak sembilan orang. Terdapat empat rumah sakit rujukan di DIY untuk penanganan corona COVID-19, yakni RSUP Dr. Sardjito, RS Panembahan Senopati Bantul. RSUD Wates, dan RSUD Kota Yogyakarta.

Simak Video Pilihan Berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.