Mengapa Sabun Lebih Ampuh Membunuh Virus Dibanding Hand Sanitizer?

Oleh Yanuar H pada 17 Mar 2020, 00:30 WIB
Diperbarui 17 Mar 2020, 00:30 WIB
Sabun bukan Hand Sanitizer

Liputan6.com, Yogyakarta Gubernur DIY Sultan HB X meminta masyarakat untuk bersama-sama menangkal virus corona. Ajakan ini merespon 1 orang positif virus corona covid-19 di Yogyakarta. Semangat masyarakat Yogyakarta sudah teruji saat gempa dan erupsi Gunung Merapi. 

"Tahun 2006-2010 kebersamaan dengan masyarakat selalu sukses. Kali ini kita gerakkan hidup sehat," kata Sultan di Gedung Pracimasono, Komplek Kepatihan Yogyakarta Minggu 15 Maret 2020.

Menurut Sultan gerakan hidup sehat mampu menghindarkan dari wabah virus corona covid-19 di seluruh dunia. Menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan dengan sabun biasa.

"Kami berdialog dengan pakar mikrobiologi baiknya pakai sabun biasa bukan hand sanitizer," kata Sri Sultan HB X.

Sultan mengatakan mencuci tangan dengan sabun biasa dinilai lebih baik menekan penyebaran virus. Sementara hand sanitizer ini hanya mampu menekan bakteri bukan virus seperti virus corona covid-19.

"Hand sanitizer itu membunuh bakteri bukan virus, sabun virus bisa lepas kalau hand sanitizer tidak lepas virus. Pakai sabun selalu sering dilakukan tidak kena virus," katanya.

Sultan menyebut tisu basah juga lebih baik dalam menangkal virus. Anjuran ini diberikan agar masyarakat menjadi lebih baik dalam menangkal virus corona di Yogyakarta.

"Mari hidup sehat, kebijakan yang kita lakukan demi masyarakat. Masyarakat tidak hanya merupakan obyek namun juga bisa berperan sebagai subyek yang aktif mencegah virus," katanya.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓