Sukses

Tingkatkan Pencegahan Corona, KAI Sumut Periksa Suhu Tubuh Penumpang

Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) terus meningkatkan pencegahan terhadap wabah virus corona COVID-19.

Liputan6.com, Medan - Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) terus meningkatkan pencegahan terhadap wabah virus corona COVID-19. Upaya pencegahan dan antisipasi kali ini lebih ditingkatkan.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi tentang pencegahan dan antisipasi virus corona COVID-19 ke pekerja kereta api dan para penumpang.

"Kita juga pasang wastafel portable, membersihkan bagian dalam dan luar kereta api serta lingkungan stasiun setiap hari," kata Daniel, Minggu (15/3/2020).

Sosialisasi dilakukan di 7 stasiun, yaitu Medan, Tebing Tinggi, Kisaran, Tanjungbalai, Rantau Prapat, Siantar, dan Binjai. Selain sosialisasi, juga disediakan hand sanitizer dan menyiagakan petugas dengan thermometer infra red di seluruh boarding stasiun dalam hal mengantisipasi screening virus corona COVID-19.

"Peralatan pengukur suhu calon penumpang telah digunakan di semua stasiun kereta api Divre I Sumut," jelasnya.

Disebutkan Daniel, pihaknya juga telah membagikan-bagikan brosur tentang apa itu virus corona COVID-19 kepada penumpang dan bagaimana cara pemakaian masker yang benar, serta tata cara cuci tangan yang baik dan benar.

"Semua kita lakukan agar para penumpang tidak perlu cemas saat melakukan perjalanan dengan kereta api, karena memang keamanan dan juga kebersihan salah satu langkah mencegah penyebaran corona," sebutnya.

Menurut Daniel, sejauh ini jumlah masyarakat menggunakan jasa kereta api masih normal. Di tengah kekhawatiran akan penyebaran virus corona COVID-19, setiap calon penumpang yang hendak menggunakan jasa kereta api, diarahkan menggunakan hand sanitizer.

Kemudian sebelum masuk kereta api, calon penumpang diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya menggunakan alat thermometer infra red. Bahkan, manajemen PT KAI Divre I Sumut juga melakukan pencucian terhadap gerbong-gerbong kereta.

"Kita imbau kepada masyarakat yang hendak menggunakan kereta api sebagai jasa transportasi agar lebih berhati-hati. Kalau ditemukan calon penumpang dengan suhu tubuh di atas normal, petugas kereta api akan melaporkan kepada petugas yang siap siaga di Pos Kesehatan," terangnya.

Pencehagan penyebaran corona COVID-19 dilakukan PT KAI Divre I Sumut tidak hanya kepada calon penumpang, hal tersebut juga dilakukan kepada seluruh pekerja yang berjumlah sekitar 1.560 orang.

"Selain sosialisasi terkait pengenalan virus corona, juga diberitahukan beberapa rumah sakit rujukan jika ada pekerja yang terindikasi suspect corona," Daniel menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.