Sukses

Massa Elang Halmahera Kepung Kantor DPD Golkar Malut, Ada Apa?

Simpatisan Golkar Malut versi Elang yang mendatangi Kantor DPD I Golkar di Ternate, Minggu (15/3/2020).

Liputan6.com, Ternate - Pendukung dan simpatisan Partai Golkar Maluku Utara versi Edi Langkara alias Elang Halmahera, mengepung Kantor DPD I Golkar, di Ternate, Minggu (15/3/2020).

Ketua Tim Elang Halmahera, Abdul Karim Hasyim menyatakan, pengepungan Kantor DPD Golkar Maluku Utara itu sebagai bentuk protes terhadap kepemimpinan Ketua DPD I Golkar.

Ketua DPD Golkar Malut saat ini dipimpin oleh Alien Mus, adik kandung Ahmad Hidayat Mus. “Kami melakukan ini karena menilai ibu Alien tidak becus pimpin Golkar Malut,” katanya, Minggu.

Menurut Karim, pendukung dan simpatisan Golkar Malut versi Elang Halmahera itu, kecewa terhadap keputusan sepihak oknum DPP Golkar yang datang menggelar Musda ke VI di Ternate.

Karim mengatakan aksi pengepungan Kantor DPD I Golkar tersebut akan dilakukan selama satu minggu ke depan. “Sebagai ekspresi kekecewaan kami terhadap Golkar di Malut,” ucapnya.

Pengamatan Liputan6.com, gelaran aksi pendukung dan simpatisan tersebut berjalan aman dan tertib. Massa Golkar versi Elang Halmahera ini datang menggunakan sepeda motor dan kaos partai.

Liputan6.com berusaha menghubungi Alien Mus, selaku Ketua DPD I Golkar di Malut. Namun telepon dan pesan WhatsApp yang disampaikan belum bersambut.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Musda Golkar Malut 16 Maret

Dalam Musda Golkar kali ini terdapat dua nama Bakal Calon Ketua DPD I Golkar. Mereka adalah Edi Langkara, Bupati Halmahera Tengah dan Alien Mus, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Dapil Maluku Utara. Alien merupakan calon petahana yang diusung.

DPP Partai Golkar sebelumnya mengirim surat penundaan pelaksanaan Musda Golkar tersebut. Musyawarah Daerah atau Musda DPD I Golkar yang ke VI itu batal digelar. Padahal, sesuai jadwal yang diumumkan panitia penyelenggara pada 9-10 Maret 2020.

Penundaan musda ini bahkan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, ditetapkan pertama kali 1-3 Maret dan kemudian 4-5 Maret 2020, dan selanjutnya berubah pada 16 Maret 2020.

Sekretaris DPD I Partai Golkar, Arifin Jafar menyatakan, musda ini ditunda karena surat dari DPP Golkar tersebut. “Yang proses Juklak 02 Tahun 2020 itu tetap dilaksanakan, namun diubah lagi ke tanggal 16 Maret 2020,” kata mantan Wali Kota Ternate itu, Senin 9 Maret.

DR Muhammad Abusama, Ketua Pengarah Musda Golkar Malut mengaku, panitia pengarah telah menyiapkan segala materi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan musda tersebut.

“(Meliputi) agenda-agenda pelaksanaan sampai pada tata tertib, materi sidang komisi, hingga jumlah peserta, termasuk dukungan suara 30 persen secara tertulis yang telah disampaikan oleh pemilik suara dan sudah dimasukkan ke panitia pengarah,” katanya.

Dalam Musda Golkar Maluku Utara ini, terdapat 16 pemilik suara sah. Jumlah ini terdiri dari Ketua DPD II sebanyak 10 suara, Ketua DPD I sebanyak 1 suara, Ketua Dewan Pertimbangan 1 suara, ketua organisasi sayap Hasta Karya serta organisasi masyarakat pendiri dan yang mendirikan partai atau ormas Tri Karya masing-masing 1 suara, dan DPP Golkar 1 suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.