Sukses

Pemprov Maluku Utara Minim Fasilitas Pencegahan Virus Corona

Di lokasi acara ini ditemukan banyak ibu-ibu beserta anak-anak yang dibawa dan remaja yang hadir menyaksikan konser artis, Sabtu malam (14/3/2020).

Liputan6.com, Ternate - Di Maluku Utara peralatan dan kewaspadaan terhadap upaya pencegahan dan penularan virus Corona ke masyarakat masih sangat minim. Betapa tidak, hingga sekarang provinsi kepulauan yang memiliki delapan kabupaten kota itu belum menunjukkan keseriusannya memerangi wabah virus yang mulai mengancam beberapa daerah di Indonesia saat ini.

Pengataman Liputan6.com, sebagian besar warga belum mengetahui bahaya dan akibat dari penularan virus tersebut. Bahkan, pada sebuah acara festival yang digelar, di Ternate, Sabtu malam, pun dibuka untuk umum dan dapat diakses masuk oleh ribuan warga setempat.

Di lokasi acara itu ditemukan banyak ibu-ibu beserta anak-anak yang dibawa dan remaja yang hadir menyaksikan konser artis, bagian dari rangkaian pembukaan festival tersebut. Wakil Gubernur Maluku Utara, M Al Yasin Ali menyatakan, festival yang dibuka itu sudah terjadwal dan merupakan agenda pariwisata tahunan Pemda Kabupaten Pulau Morotai. 

"Karenanya, even itu dibuka untuk digelar tahun ini," kata Yasin, kepada Liputan6.com, usai menghadiri acara tersebut, di depan Landmark, Jalan Pahlawan Revolusi, Ternate.

Yasin mengakui, seharusnya kewaspadaan dan pencegahan itu dapat dilakukan sebelum adanya kasus wabah virus Corona terkonfirmasi di Maluku Utara. “Hal itu sehingga yang dilakukan pemerintah provinsi saat ini memesan dua alat baru untuk mendeteksi wabah virus ke setiap warga yang baru datang dari luar Maluku Utara,” ujarnya, Sabtu malam, 14 Maret 2020.

Yasin mengatakan alat pencegahan untuk mengetahui keberadaan wabah virus tersebut, yang dimiliki Maluku Utara baru terdapat alat pengkur suhu tubuh atau thermal scanner.

“Alat ini yang sudah dipasang di pintu-pintu kedatangan Bandara Sultan Babullah Ternate, sehingga akan ditambahkan beberapa alat untuk langkah pencegahan itu,” lanjutnya.

Wagub menyatakan, untuk membatasi akses masyarakat mendekati pusat-pusat keramaian, tempat hiburan, sekolah dan tempat studi lainnya belum dapat dilakukan untuk saat ini. 

“Kita akan mengarah ke sana, tapi karena saat ini laporan dari dinas kesehatan dan rumah sakit masih tetap pantau dan sampai saat ini memang belum ada,” sambungnya.

Ia mengimbau, kepada Tim Satgas untuk bekerja maksimal. Memperketat kapal masuk di pelabuhan-pelabuhan laut dan bandara yang diakses warga yang baru datang dari luar.

 

simak video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya 1 Rumah Sakit

Ketua Tim Siaga Virus Corona di RSUD Chasan Boesoirie, dr Andoko Spp, menyatakan, hingga saat ini di Maluku Utara belum ada laporan kasus terkonfirmasi wabah itu.

Adapun nanti dalam perkembangannya, lanjut Andoko, pihak RSUD Chasan Boesoirie akan berkoodinasi dengan dinas kesehatan. “Tapi untuk awalan kita saat ini siap,” ujarnya.

Andoko mengemukakan, saat ini di Maluku Utara hanya terdapat satu rumah sakit rujukan pasien suspect Corona. Yang itu hanya terdapat di RSUD Chasan Boesoirie, Kota Ternate.

Sementara, di provinsi itu masih ada tujuh kabupaten kota dan ibu kota provinsi di Sofifi. Wilayah provinsi yang mekar pada tahun 1999 itu adalah pulau-pulau yang sebagian besar di 7 kabupaten kota lainnya, masih cukup terbatas alat-alat kesehatan perangi wabah Corona.

“Kondisi ini yang perlu diperhatikan, apalagi ketersediaan alat kesehatan kita soal langkah pencegahan penularan virus Corona ini masih sangat terbatas. Sehingga yang perlu dilakukan pemerintah daerah adalah mensosialisasikan ke warga hidup sehat dan untuk sementara menjauhi tempat kerumunan yang diakses banyak orang,” sambung Iskandar, Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara, kepada Liputan6.com, Minggu 15 Maret 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.