Sukses

Sarabba, Minuman Masyarakat Bugis Makassar 'Penangkal' Virus Corona

Sebagian masyarakat Bugis Makassar masih meyakini warisan leluhurnya dalam mengatasi sejumlah masalah. Salah satunya dalam hal mencegah virus penyakit.

Liputan6.com, Makassar - Pasca dua orang warga depok, Jawa Barat (Jabar) dikabarkan positif terjangkit virus corona, sejumlah daerah di Indonesia diimbau waspada dan mempersiapkan upaya antisipasi.

Di Sulawesi Selatan (Sulsel), masyarakat tak hanya membekali diri dengan masker, tetapi ada juga yang mulai rutin mengonsumsi minuman yang berbahan baku rempah-rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Sejak merebaknya isu virus corona, saya dan keluarga lebih kepada menjaga kesehatan dengan rutin konsumsi sarabba," kata Harlia (52), warga Moncongloe, Kabupaten Maros, Kamis (5/3/2020).

Minuman tradisional warisan leluhur suku Bugis Makassar itu, kata dia, sejak dahulu diyakini sebagai obat stamina dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

"Ketika diminum tubuh menjadi hangat. Itu karena khasiat kandungan rempah-rempahnya diantaranya ada jahe, serei dan kayu manis," tutur Harlia.

Ia mengaku tak begitu resah meski dampak penyebaran virus corona telah masuk ke Indonesia. Selain mengandalkan keikhlasan berdoa, ia dan keluarganya juga meyakini khasiat rempah-rempah bahan baku pembuatan sarabba.

"Sarabba cukup mujarab mengobati flu, batuk, dan demam. Insya Allah virus corona juga kita bisa cegah dengan rajin mengonsumsi minuman berbahan baku rempah-rempah. Tapi tetap jangan putus berdoa," Harlia menegaskan.

Ia mengatakan untuk membuat sarabba cukup sederhana dan tidak mahal. Tak hanya itu, seluruh bahan baku rempah yang terdiri dari jahe, serai, bubuk merica, kayu manis, gula merah dan santan dapat dibeli di pasar-pasar tradisional.

"Bisa dibuat sendiri sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona yang gejalanya mirip dengan sakit flu itu," jelas Harlia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pembuatan Sarabba

Pertama-tama sediakan bahan rempah-rempahnya yang terdiri dari 200 gram jahe yang telah dimemarkan, 250 gram gula merah yang telah ditumbuk kasar, 1 batang serai yang telah memarkan, 1 batang kecil kayu manis, 1 sendok merica bubuk, garam, 200 ml santan segar, dan 1 liter air.

Setelah seluruh bahan rempah terkumpul, langkah berikutnya memasuki proses pembuatan. Terlebih dahulu memasukkan 1 liter air ke dalam panci lalu didihkan.

Selanjutnya, setelah air tampak mendidih, silahkan masukkan bahan rempah satu persatu. Diawali memasukkan gula merah kemudian lanjut memasukkan serai, kayu manis, merica bubuk, dan garam secukupnya. Jangan lupa mengaduk-aduk seluruh bahan rempah yang telah tercampur tadi hingga rasanya betul-betul menyatu. Setelah itu, jangan lupa memasukkan santan.

Silahkan tunggu hingga 5 menit kemudian angkat panci, dan khasiat sarabba pun siap dirasakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.