Sukses

Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemprov Jabar Bakal Tutup Sementara Museum Gedung Sate

Jika Museum Gedung Sate dibuka, pihaknya akan melakukan sejumlah langkah antisipatif, mulai dari memasang cairan pencuci tangan (hand sanitizer) sampai memeriksa suhu badan pengunjung.

Bandung - Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jawa Barat (Jabar) Iip Hidayat mengatakan akan berkoordinasi dengan pimpinan terkait rencana penutupan Museum Gedung Sate. Rencana itu muncul setelah Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan Jabar Siaga 1 COVID-19.

"Jadi belum ditutup. Kami mau melapor hari ini jam 1 ada rapat dengan gubernur. Cuma, kami menyiapkan langkah antisipatif kemungkinan ditutup. Karena apa? Pengunjung ke sana tidak hanya dari dalam negeri, tetapi luar negeri juga banyak," kata Iip, Selasa (3/3/2020).

Jika Museum Gedung Sate dibuka, pihaknya akan melakukan sejumlah langkah antisipatif, mulai dari memasang cairan pencuci tangan (hand sanitizer) sampai memeriksa suhu badan pengunjung.

"Kalau pun dibuka, tentunya kita selektif. Artinya, yang agak sakit harus dicek. Yang sehat juga SOP-nya cuci tangan, dan dideteksi suhu badannya. Baru bisa masuk," ucapnya.

Selain rencana penutupan sementara museum, Biro Umum Setda Provinsi Jabar bakal memasang hand sanitizer di pintu masuk-keluar Gedung Sate, Gedung Pakuan, Gedung Merdeka, Saparua, rumah dinas, dan semua tempat yang dikelola Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar.

"Langkah antisipatif yang ketiga, khusus di Gedung Sate, kami punya poliklinik, ada dokter. Mungkin sewaktu-waktu kita akan keliling untuk memantau kalau-kalau ada memiliki gejala (COVID-19)," kata Iip.

"Karena yang berkantor ke Gedung Sate itu sekitar 1.000 orang. Dari PNS, non-PNS, pihak keamanan, dan tamu," katanya. (AMA/PNJ)

Baca berita menarik lainnya di Ayobandung.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.