Sukses

Titik Api Bermunculan, Polda Riau Tangkap 37 Pembakar Lahan

Potensi kebakaran hutan dan lahan di Riau kian besar setelah musim kemarau mulai terjadi, di mana saat ini sudah ada puluhan titik api dan puluhan pelaku ditangkap personel Polda Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Polda Riau menangani 168 hektare lebih kebakaran hutan dan lahan sejak awal tahun hingga Maret ini. Diduga pemiliknya sengaja membakar untuk berkebun, 37 orang ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.

Menurut Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Polres Bengkalis dan Rokan Hilir paling banyak menangkap pelaku kebakaran lahan, masing-masing 9 tersangka. Di Bengkalis, petugas menjadikan 116 hektare lebih lahan sebagai barang bukti.

"Di Rokan Hilir ada 22,4 hektare dipasang garis polisi," kata Agung didampingi Kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto, Senin siang, 2 Maret 2020.

Sebanyak 37 tersangka itu tidak ada satu pun berasal dari perusahaan. Mereka adalah petani ataupun pemilik lahan serta penerima upah untuk membakar lahan. Ragam barang bukti mulai dari mancis, kayu bekas terbakar, dan jeriken disita.

Selain dua kabupaten tersebut, 5 tersangka ada di Indragiri Hilir, 3 di Indragiri Hulu, 3 di Siak, 2 di Kota Dumai, 4 di Kepulauan Meranti, dan 2 lagi di Kota Pekanbaru. Sementara Kampar, Kuantan Singingi, dan Pelalawan belum ada pelaku tertangkap meski di sana sudah terjadi kebakaran lahan.

Agung menyatakan, pihaknya tidak hanya menegakkan hukum tapi juga memadamkan titik api di sejumlah lokasi. Polisi bahu membahu dengan instansi terkait menanggung kebakaran lahan, termasuk melibatkan relawan karhutla.

Di lokasi kebakaran, tidak ada satu pun polisi boleh meninggalkan lokasi kecuali untuk beristirahat. Pergerakan polisi ini terpantau Dashboard Lancang Kuning, termasuk jumlah titik api dalam sehari.

"Satu jam saja meninggalkan lokasi kebakaran, efeknya bisa satu hari untuk memadamkan. Begitulah sulitnya memadamkan api," sebut Agung.

Agung menyebut keberadaan dashboard tadi sangat bermanfaat sebagai antisipasi. Selama ini, pemadaman kebakaran lahan di Riau masih gelap dan tidak tahu kapan serta di mana titik api muncul.

"Sekarang aktivitas pemadaman terpantau, di mana dan siapa saja di lokasi. Ini menjadi data-data primer," ucap Agung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riau Makin Panas

Agung menyebut Riau saat ini semakin panas. Musim kemarau sudah mulai terjadi dan ke depannya hari-hari di Bumi Lancang Kuning akan diwarnai banyaknya aktivitas pemadaman titik api.

"Oleh karena itu kami mengajak setiap stakeholder mendorong turun bersama-sama dan peduli dengan pemadaman," sebut Agung.

Saat ini, Polda Riau sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, baik itu kajian antisipasi bencana kebakaran lahan ataupun menyiapkan ratusan mahasiswa sebagai relawan karhutla.

Sejauh ini sudah ada ratusan relawan mendaftar. Relawan ini sudah ada yang dilatih memadamkan api, menggunakan alat pemadaman dan langkah-langkah antisipasi selama berada di lokasi kebakaran.

Di sisi lain, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Senin siang mendeteksi 18 titik panas indikasi karhutla dengan level kepercayaan di atas 50 persen. Hujan diprakirakan mulai jarang terjadi pada siang hingga petang hari.

"Cuacanya cerah hingga berawan. Begitu juga pada malam hingga dini hari, potensi hujan masih ada tapi bersifat ringan dan lokal," kata petugas BMKG, Sanya Gautami.

Sanya menjelaskan, 18 titik panas di Riau terdeteksi di Bengkalis 6, Kota Dumai 2, Kuantan Singingi 1, Pelalawan 4, Rokan Hilir 1 dan Siak 2.

Dari 18 titik panas tadi, tambah Sanya, ada 12 titik yang dipercaya sebagai api atau telah terjadi kebakaran dengan level kepercayaan di atas 70 persen.

"Sebanyak 4 titik api terdeteksi di Pelalawan, Siak dan Kepulauan Meranti serta Kota Dumai, masing-masing 1 titik api. Terakhir di Bengkalis ada 5 titik," kata Sanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.