Sukses

Bekasi Timur Resmi Berlakukan Aturan Belanja Tanpa Kantong Plastik

Kebijakan yang ditujukan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dan pelestarian lingkungan itu memang resmi diterapkan mulai Minggu (1/3/2020).

Bekasi - Sejumlah toko modern seperti minimarket di kawasan Bekasi Timur sudah mulai menerapkan aturan bebas kantong plastik pada pelanggan.

Kebijakan yang ditujukan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik dan pelestarian lingkungan itu memang resmi diterapkan mulai Minggu (1/3/2020).

Salah satu karyawan minimarket, Sari mengatakan bahwa toko tempatnya bekerja sebelumnya telah melakukan sosialisasi, salah satunya dengan menempelkan pemberitahuan di berbagai sisi bangunan.

"Sudah disebarluaskan juga lewat medsos dan diaplikasikan mulai hari ini," katanya kepada Ayobekasi.net.

Meski tidak lagi menggunakan kantong plastik, minimarket tersebut tetap menyediakan kantong belanja dengan bahan yang ramah lingkungan. Harganya dibanderol mulai Rp3.500.

"Banyak juga yang belum tahu kan, makanya kami mempersilakan customer beli kantong belanja yang ramah lingkungan," ujar Sari.

Seorang pengunjung, Doni merespons aturan itu dengan datar. Menurutnya, hal tersebut tidak akan berdampak apa-apa jika tidak diiringi upaya lain pemerintah dalam menjaga lingkungan serta mencegah banjir.

"Banjir kan bukan cuma gara-gara plastik. Ya, (aturan) bagus sih tapi kayaknya bikin repot," katanya.

Hal senada diungkapkan Harini, ibu rumah tangga di Bekasi Timur yang tidak setuju dengan kebijakan belanja tanpa kantong plastik. Alasannya, tidak efisien dan harga kantong belanja ramah lingkungan lebih mahal.

"Jadi males belanja ke sini ya. Mending belanja online kali minta tolong sama anak," ujarnya. (AMA/PNJ)

Baca berita menarik Ayobandung lainnya di sini.

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.