Sukses

Tak Lagi Gratis, Ini Tarif Tiket KA Bandara di Kampung Jokowi

PT KAI mulai memberlakukan tiket berbayar untuk KA Bandara Solo yang bakal berlaku awal Maret 2020 besok. KA Bandara menghubungkan antara Stasiun Bandara Adi Soemarmo dengan Solo hingga Klaten

Liputan6.com, Solo - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal memberlakukan tarif untuk tiket KA Bandara Solo mulai 1 Maret 2020. Tarif untuk perjalanan dari Klaten maupun Solo menuju Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo dipatok Rp15.000 per tiket.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan permberlakuan tiket berbayar itu setelah Direktorat Jenderal Perkeretapian Kementerian Perhubungan mengirimkan surat kepada  PT KAI pada tanggal 28 Februari 2020 kemarin.

"Adanya surat yang dikirimkan kepada Dirut PT KAI itu maka mulai tanggal 1 Maret 2020 ditetapkan tarif untuk KA Bandara," kata dia, Sabtu, 29 Februari 2020.

Adapun tarif yang ditentukan untuk KA Bandara dari Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo relasi Stasiun Kadipiro - Stasiun Solo Balapan - Stasiun Klaten itu Rp15.000 per tiket. Sedangkan untuk relasi Stasiun Klaten - Stasiun Balapan - Stasiun Kadipiro tiket dibanderol Rp8.000.

"Untuk relasi stasiun di luar tujuan Stasiun Bandara Adi Soemarmo itu harga tiketnya Rp8.000. Tapi kalau relasinya masuk Stasiun Bandara Adi Soemarmo itu tiketnya kereta Rp15.000. Beli tiket KA Bandara sementara harus go show," sebutnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiket Digratiskan Dua Bulan

Menurut Eko, KA Bandara yang menjadi sarana integrasi antar moda itu mulai dioperasikan sejak akhir Desember lalu. Sejak saat itu, PT KAI menggratiskan tiket KA Bandara selama dua bulan hingga akhir Februari ini.

"Tiket digratiskan selama dua bulan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat supaya bisa mencoba layanan moda transportasi yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dengan Stasiun Solo Balapan," kata dia.

Bahkan, sejak tanggal 21 Februari 2020 lalu, relasi KA Bandara Solo diperpanjang dari Stasiun Solo Balapan hingga Stasiun Klaten. Kebijakan memperpanjang relasi perjalanan itu untuk memudahkan penumpang yang akan bepergian menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo.

"Masyarakat Klaten yang akan ke Bandara Adi Soemarmo kini bisa dengan mudah naik KA Bandara dari Stasiun Klaten dan turun di Stasiun Bandara Adi Soemarmo," ucapnya.

Eko menyebutkan perjalanan KA Bandara kini terbagi menjadi tiga relasi perjalanan, di antaranta KA Bandara relasi Klaten - Adi Soemarmo (PP) dengan total 22 perjalanan, KA Bandara relasi Solo Balapan - Adi Soemarmo (PP) dengan total 10 perjalanan dan KA Bandara relasi Solo Balapan - Klaten (PP) dengan total 2 perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.