Sukses

OKU Timur Akan Masukkan Mata Pelajaran Pertanian di Sekolah

Kabupaten OKU Timur memiliki tiga karakteristik wilayah yang berbeda maka yang diperlukan keahlian yang mumpuni agar dapat menjadi wawasan utama dalam memunculkan inovasi baru sehingga dapat mengembangkan daerah setempat.

Liputan6.com, Martapura - Bupati Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, HM Kholid MD menilai perlu adanya muatan lokal (mulok) berbasis pertanian dalam materi pelajaran di sekolah agar para siswa lebih mengenal tentang pertanian.

Menurutnya, Kabupaten OKU Timur memiliki tiga karakteristik wilayah yang berbeda maka yang diperlukan keahlian yang mumpuni agar dapat menjadi wawasan utama dalam memunculkan inovasi baru sehingga dapat mengembangkan daerah setempat.

"Inovasi-inovasi baru tersebut diperoleh dari pendidikan yang baik. Sebab, untuk mengubah pola pikir bisa dilakukan dengan pendidikan," kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, HM Kholid MD di Martapura, Jumat, dilansir Antara.

Oleh karena itu, ia menilai perlunya rancang muatan lokal (mulok) pada materi pelajar di sekolah berbasis pertanian.

"OKU Timur merupakan daerah pertanian sehingga para siswa sekolah kita kenalkan mengenai pertanian sejak dini," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Wakimin secara terpisah mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh apa yang menjadi program pemerintah daerah khususnya di bidang pendidikan. 

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan memberikan motivasi kepada anak didik agar dapat menciptakan inovasi-inovasi yang baru untuk kemajuan daerah, termasuk di bidang pertanian.

"Hal tersebut dilakukan agar terciptanya SDM yang mampu menciptakan inovasi baru guna kemajuan daerah Bumi Sebiduk Sehaluan ini," ujarnya. (AMA/PNJ)

Simak Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.