Matt Wright Kumpulkan Donasi untuk Penanganan Buaya di Palu

Oleh Heri Susanto pada 28 Feb 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 28 Feb 2020, 12:00 WIB
Presenter National Geographic Matt Wright Bergabung Selamatkan Buaya Berkalung Ban di Sungai Palu

Liputan6.com, Palu - Pegiat konservasi buaya dan presenter National Geographic asal Australia, Matt Wright membuka donasi untuk membantu penanganan buaya berkalung ban di Sungai Palu. Pihak BKSDA Sulteng sendiri, menyatakan hal tersebut adalah murni inisiatif Matt Wright.

Matt Wright ternyata tidak hanya melakukan upaya penyelamatan buaya berkalung ban di Sungai Palu. Melalui situs Crowdfunding dan Fundraising, Matt juga mencari dan membuka donasi untuk penanganan buaya di Sungai Palu yang dilakukan BKSDA Sulteng.

Matt mulai membuka donasi melalui situs tersebut sejak 16 Februari lalu. Hingga Kamis, 27 Februari 2020, aksi Matt telah berhasil mengumpulkan ribuan dolar. Matt sendiri telah mengunggah keinginanya mengumpulkan donasi tersebut di akun instagramnya pada 16 Februari lalu.

Mengenai aksi galang dana oleh Matt itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulteng melalui Kepala Satgas Penanganan Buaya Berkalung Ban, Haruna Hamma, menyatakan bahwa hal tersebut adalah murni inisiatif dari Matt Wright.

"Kami belum pernah bicara atau membahas donasi bersama Matt Wright. Itu murni dari (inisiatif) Matt dan jadi tanggung jawab dia," jelas Haruna, kamis (27/2/2020).

Haruna juga meminta semua pihak tidak buru-buru memvonis aksi yang dilakukan ahli satwa liar itu, sebab bisa jadi aksi tersebut dilakukan dengan niat baik untuk keberlangsungan hidup satwa yang dilindungi itu.

"Saya kira terlalu dini menyimpulkan aksi Matt tersebut, semua inisiatif dia," Haruna menambahkan.

Sebelum kembali ke Australia, selama lebih dari sepekan di Kota Palu sendiri, selain melakukan aksi penyelamatan, Matt Wright juga sempat memberikan pelatihan penanganan buaya kepada petugas BKSDA Sulteng. Matt juga berjanji akan kembali ke Palu untuk menuntaskan misinya menyelamatkan buaya berkalung ban.

 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓